Bawaslu Gugurkan Temuan Pelanggaran Pimpinan Perusda, Tapi Masih Ada Proses – Pare Pos
Politik

Bawaslu Gugurkan Temuan Pelanggaran Pimpinan Perusda, Tapi Masih Ada Proses

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Kasus dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu yang dilakukan pimpinan Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel berinisial TF akhirnya dihentikan. Pasalnya, temuan petugas Pangawas Kecamatan (Panwascam) Minasatene dengan bukti sebuah video pada November 2018, lalu yang telah melalui beberapa tahap lidik baik dilakukan oleh Bawaslu dan Gakkumdu Pangkep.

Setalah menjalani pembahasan pleno kedua disepakati kasus temuan tersebut dihentikan, lantaran syarat formil tidak memenuhi unsur. Sementara dalam temuan yang diabadikan dalam video tersebut, TF yang tak lain merupakan pimpinan Perusda Sulsel, menyatakan dirinya sebagai ketua tim pemenangan Ikbal Parewangi, yang merupakan caleg DPD RI. Namun, bukti tersebut dianggap gugur.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangkep, Hamsinar menjelaskan, bukti tersebut dinilai gugur karena
menurut ahli bahasa bahwa pernyataan TF tersebut hanyalah sebagai bahasa nostalgia. Dalam video itu TF memang mengatakan, “Saya ketua tim Ikbal Parewangi, teman sekolah saya,”ujar Hamsinar mengikuti apa yang ada di video tersebut.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir Salam menjelaskan, hasil pembahasan dari rapat pleno kedua. Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) bersepakat bahwa temuan itu tidak memenuhi unsur pidana pemilu. “Hasil pleno kedua Gakkumdu bersepakat untuk dihentikan ketahap selanjutnya. Menurut keterangan ahli, berdasarkan alat bukti yang didapatkan tidak memenuhi syarat formilnya. Salah satunya, pembuktian SK, TF sebagai tim itu tidak ada,”tegasnya.

Samsir Salam pun menganalogikan kepada wartawan, seperti dengan kasus pembunuhan. “Misalnya, ada yang mengaku sebagai pembunuh apa buktinya membunuh. Sama dengan ini, seumpama saya mengaku sebagai tim apa buktinya saya sebagai tim,”ujarnya. Namun demikian, proses lainnya pun terus berjalan, TF masih diproses terkait kode etik. (awi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!