Bebaskan Warga Binaan, Lapas Maros Lakukan Ini – Pare Pos
Pro Daerah

Bebaskan Warga Binaan, Lapas Maros Lakukan Ini

 

PAREPOS.CO.ID.MAROS — Ada sejarah yang ditorehkan dengan tinta emas oleh pengelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kabupaten Maros. Dimana untuk pertama kalinya salah seorang warga lapas kategori anak yang telah bebas, diantar langsung ke kediamannya untuk dikembalikan ke orang tuanya.

Tindakan ini tidak pernah dilakukan sepanjang berdirinya lapas tersebut. Pengembalian ini dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Maros, Indra dengan didampingi oleh LSM Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip)yang selama ini memiliki program khusus pendampingan anak di Lapas. Bahkan kegiatan tersebut, disaksikan oleh Ketua DPRD Maros Chaidir Syam.

Selain itu, rekan-rekannya yang turut mengantar pemulangan tersebut dibawa tamasya keliling Kota Makassar melihat kemajuan kota, dan diakhiri dengan santap siang di anjungan Pantai Losari. Untuk menghindarkan mereka dari stigma negatif, petugas pun tidak mengenakan rompi tahanan.

Kepala Lapas Maros, Indra menegaskan, langkah ini sebagai terobosan dalam sejarah lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Lapas yang dipimpinnya bukan kategori Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), namun pemenuhan hak anak tetap harus menjadi prioritas.

Dengan dikembalikan langsung ke orang tuanya, diharapkan ada ikatan emosional yang terbentuk bagi anak dengan pihak lapas yang selama ini telah menjadi tempat pembinaan baik bagi mereka. Bukan sebaliknya menunjukkan kesan sangar dan kolot. ” Hampir 30 tahun saya menjadi PNS di Lapas tidak pernah saya antar pulang napi langsung ke rumahnya dan seemosional ini,”ujar Indra, Kamis 17 Januari, sesaat setelah mengantar warganya yang berdomisili di Makassar.

Indra menambahkan sudah saatnya lapas berbenah dalam melakukan pembinaan terhadap warganya khususnya anak anak. Terutama dalam pemenuhan hak anak berupa pendidikan, kebebasan berkreativitas serta pengembangan budi pekerti luhur. Lapas tidak lagi dikonotasikan sebagai tempat menjalani hukuman. Melainkan Berevolusi menjadi tempat sekolah dan taman bermain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Ketua LSM Kerlip Maros, Bagus Dibyo Sumantri memberikan apresiasinya terhadap terobosan yang dilakukan Lapas Maros. Menurutnya apa yang dilakukan hari ini harusnya menjadi pilot project tentang perubahan pembinaan terhadap anak yang menjalani hukuman. (ila)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!