Bupati Majene Tutup Jambore Ranting di Sendana – Pare Pos
Sulawesi Barat

Bupati Majene Tutup Jambore Ranting di Sendana

Bupati Kabupaten Majene, H Fahmi Massiara

 

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Kwartir Pramuka Ranting Kecamatan Sendana, selama tiga hari dari tanggal 11-13 Januari, telah menggelar perkemahan penggalang “Jambore Ranting’ pramuka tingkat SD, MI, SMP dan MTs se-Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene. Jambore Ranting II diikuti 700 peserta dari 35 sekolah yang dipusatkan di Lapangan Bura’ Sendana, Kecamatan Sendana.

Bupati Kabupaten Majene, H Fahmi Massiara pada penutupan Jambore Ranting II pramuka menyebutkan, banyak hal yang dipelajari dalam kegiatan ini diantaranya, pembentukan karakter dan orientasi kemanusiaan. Sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Majene, Fahmi mengakui, dalam waktu tiga hari pelaksanaan pramuka peserta jambore tentunya telah mengikuti berbagai macam kegiatan kepramukaan, termasuk pengembagan bakat dan keterampilan yang dimilikinya.

Dari berbagai hasil yang sudah dicapai dalam kegiatan jambore, ia pun berharap kiranya dapat menunjukan setiap langkah dan mampu mencerminkan rasa kemanusiaan sebagaimana tertuang pada Dasa Dharma yang menjadi dasar dan benang merah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan itu, tidak ada cerita tentang materi, tentang untung rugi karena semuanya bermuara pada kemanusiaan.

Untuk itu diharapkan kepada peserta utamanya anak didik agar selalu siap dan mantap dalam berpramuka. Sehingga nantinya akan siap terjun ditengah-tengah dalam kehidupan bermasyarakat, setidaknya bisa menjadi panutan. Senada diungkapkan, Ketua Kwartir Ranting Sendana, Rukman Musbar dimana sasaran pelaksanaan perkemahan penggalang pramuka adalah menanamkan, memupuk dan mengembangkan beberapa hal penting.

Seperti rasa cinta pada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperteguh keyakinan beragama, rasa persahabatan, persaudaraan dan menanamkan jiwa sosial baik antara sesama pramuka maupun antara pramuka dan masyarakat. “Disamping itu juga ditanamkan rasa cinta pada alam, bangsa dan negara serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri termasuk jiwa patriotisme untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa,”katanya, Minggu 13 Januari, pagi tadi. (edy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!