Destinasi Wisata Baru, Ada Pulau Buatan di Sidrap – Pare Pos
Style dan Keren

Destinasi Wisata Baru, Ada Pulau Buatan di Sidrap

Wisata eksotis yang akan menjadi destinasi, bakal hadir di Sidrap. Rencananya, tahun ini, lokasi wisata yang merupakan bagian dari Revitalisasi Danau Tempe (RDT), ditarget selesai. Proyek ini berfungsi ganda, sebagai penampungan air baku dan tempat wisata baru.

LAPORAN: Ibrahim

Pantauan di lokasi, Selasa kemarin, aktivitas pembangunan pulau hasil pengerukan Danau Sidenreng terus digenjot. Di Pulau dua, di Wette’e Kecamatan Panca Lautang, menurut Deputy Project Manajer PO BRP KSO, Susilo Y sebagai pelaksana proyek, ada tiga kapal pengeruk atau penghisap lumpur, eskavator 13 unit dan dumtruk.
“Pulau 2 luasnya 240 meter persegi, dan saat ini progresnya sudah 75 persen. Kita optimis akan selesai tahun ini, walau menemui terkendala, yaitu tanah keras dan air kurang. Kita terus maksimalkan pekerjaan, bahkan mengerjakan siang dan malam,” ungkapnya.

Harapan untuk mendapatkan manfaat ganda dari pengerukan dan pembuatan pulau baru tersebut, mendapat suport dari Pemerintah Kabupaten Sidrap. Pulau baru dibuat dari endapan sedimen yang dikeruk dari perut Danau Sidenreng di kawasan Kelurahan Wettee Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap. Bupati Sidrap, Dollah Mando sebelumnya mengaku, banyak potensi wisata yang patut dikembangkan di Sidrap. Salah satunya dengan keindahan Danau Sidenreng yang tak kalah dengan potensi wisata lainnya. “Ini harus dijaga dan dilestarikan serta dipromosikan secara bersama-sama. Kita harapkan potensi ini bisa menjadi salah satu jalan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Kadin Sidrap, Yusuf Ruby berharap semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Sulsel dapat membantu Sidrap untuk mendatangkan investor. Di Bumi Nene Mallomo, sebut Yusuf Ruby, ada banyak potensi pariwisata yang menjanjikan, namun belum tereksplore dengan baik. Dia mencontohkan kawasan Danau Sidenreng di Desa Mojong dan pulau buatan di Kelurahan Wette’e yang sangat memerlukan sentuhan dari pemodal untuk dapat mengembangkannya.

“Di sana itu tempatnya sangat eksotis. Saya pikir jika tempat itu disulap menjadi lokasi wisata yang keren, pasti akan mewarnai sektor kepariwisataan di Sidrap. Tapi ingat, investornya juga harus ikut memberdayakan pengusaha lokal dalam hal pengelolaannya, misal untuk kulinernya dan lainnya,” tandasnya. Revitalisasi Danau Tempe (RDT), di mana Danau Sidenreng merupakan bagian proyek, merupakan harapan baru.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek RDT, Muh Akil, mengatakan, revitalisasi dilakukan karena Danau Tempe merupakan salah satu dari 15 danau kritis di Indonesia. Dikatakan, ada tiga pulau yang dibangun di wilayah Sidrap dan sementara tahap perampungan. Salah satu pulau nanti akan disulap menjadi salah satu destinasi wisata baru. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pusat kota Pangkajene, ibukota Sidrap. “Pulau buatan ini disulap eksotis. Dan bakal jadi pusat wisata baru. Jaraknya hanya sekitar 23 kilometer. Ini ditarget rampung tahun ini. Progres fisiknya sudah 75,54 persen per 31 Desember 2018,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala BBWS-PJ, Teuku Iskandar menjelaskan, terletak di tiga kabupaten, luas dari Danau Tempe ini mencapai 13.000 hektare, dengan luas danau mencapai 162,50 Km, dengan volume tampungan mencapai 207,66 juta m3. Fungsi utama dari Danau Tempe ini, untuk penampungan air baku, perikanan, pertanian, serta obyek wisata yang belum termanfaatkan maksimal.  “Revitalisasi Danau Tempe dilakukan untuk menambah volume tampungan menjadi 7,23 juta meter kubik, selain nantinya akan memenuhi kebutuhan air baku disekitar Danau Tempe dari sekitar 23.000 jiwa menjadi 30.000 jiwa,” kata Iskandar.

Peningkatan penduduk terlayani masing-masing di Wajo dari 7,50 persen menjadi 10 persen, Sidrap dari 7,9 persen menjadi 11,50 persen dan Soppeng 19,80 persen menjadi 24,20 persen. itu akan ada peningkatan produksi ikan, dimana luas lahan perikanan mengalami peningkatan dari 22.400 hektare menjadi 23.061. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!