Harga Tiket Pesawat Naik, Kapal Laut jadi Alternatif – Pare Pos
Ekonomi

Harga Tiket Pesawat Naik, Kapal Laut jadi Alternatif

AKTIVITAS PELABUHAN NUSANTARA kOTA pAREPARE

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Awal tahun 2019, tiket pesawat penerbangan tujuan domestik mahal. Meskipun dalam sepekan ini, harga tiket merangkak naik. Namun, saat ini mulai berangsur-angsur turun.
Transportasi laut (kapal laut) pun jadi altenatif masyarakat, jika tiket pesawat sewaktu-waktu naik lagi. Hal itu disampaikan karyawan PT Aranvi Travel di Parepare, Hardiman, kemarin.

Pasca hari libur Natal dan tahun baru, tiket pesawat penerbangan tujuan domestik memang ada kenaikan, padahal penerbangan dengan tujuan luar negeri lebih murah.Menurutnya, sudah sepekan ini harga tiket pesawat dengan tujuan domestik terus merangkak naik, sampai dua kali lipat dengan harga sebelumnya.

Namun, sekarang mulai berangsur-angsur turun. “Sudah mau seminggu dek. Untuk jalur Makassar ke Balikpapan saja menggunakan pesawat salah satu maskapai yang dikenal paling murah sudah Rp800 ribu. Padahal sebelumnya harganya Rp450 ribu untuk kelas bisnis,” katanya.

Dia menjelaskan alasan lebih mahalnya penerbangan tujuan domestik daripada penerbangan tujuan luar negeri. Itu karena adanya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dikenakan untuk penerbangan domestik. “Mungkin karena ini masih dalam arus balik liburan dan setahu saya memang ada PPN yang dikenakan untuk penerbangan domestik, kalau luar negeri tidak ada,” jelasnya.

Disamping itu, kata Hadirman, hal tersebut sangat mempengaruhi minat masyarakat menggunakan pesawat. Bahkan, masyarakat lebih memilih menggunakan kapal laut untuk perjalanan domestik. “Untuk kami sendiri, di bulan Januari ini, masyarakat yang menggunakan kapal laut untuk perjalanan domestik meningkat 30 persen, mungkin salah satu faktornya itu tadi tiket pesawatnya mahal,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!