Hasil BAP KSOP, Dahlan: Kapal Tanker tak Bocor – Pare Pos
Metro Pare

Hasil BAP KSOP, Dahlan: Kapal Tanker tak Bocor

Kepala KSOP Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa

 

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Insiden merembesnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di perairan Cempae, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Kamis 10 Januari, lalu, memasuki babak baru. Sesuai hasil Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dilakukan oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Kamis 17 Januari, terungkap jika tidak terjadi kebocoran pada Kapal Tanker MT Golden Pearl XIV.

“Kebocoran itu diduga berasal dari selang yang tumpah dikarenakan pada saat pengisian dalam kondisi hujan, sehingga lupa ditutup,”ujar Kepala KSOP Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa, malam ini usai melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal.

Selain itu, kata Capt H Dahlan, sesuai hasil verifikasi dari badan tes laboratorium yang dinilai independent dalam hal ini PT Superintending Company of Indonesia atau Sucofindo (Persero) yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang pemeriksaan, pengawasan, pengujian, dan pengkajian produk.

” PT Sucofindo (Persero) menyatakan sesuai hasil pemeriksaan laboratorium itu, perairan sangat normal,”ungkapnya. Dinas Lingkungan Hidup itu tak memiliki laboratorium, sehingga dipilih PT Socofindo dan diyakini independent.

“Walaupun KSOP memiliki laboratorium penguji, tapi itu tak bisa dilakukan. Karena yang harus memeriksa hasil adalah yang benar-benar independent. Dan PT Sucofindo merupakan satu-satunya laboratorium terbesar di Indonesia dengan fasilitas terlengkap yang mampu menangani berbagai pengujian yang berkaitan dengan mutu dalam hubungannya dengan keselamatan, keandalan dan kinerja produk atau kualitas material,”jelasnya.

Ditambahkannya, berita acara pemeriksaan juga akan disampaikan dan kemungkinan disampaikan pada hari, Senin, mendatang. “Itu akan diuji dilaut, apa lagi Pertamina adalah milik pemerintah. Dan harus diakui ada kesalahan Standart Operating Prosedure (SOP) ,”singkatnya. (ade)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!