Insiden Pencemaran di Parepare, Ini Penegasan Guru Besar FH Unhas – Pare Pos
Hukum dan Kriminal

Insiden Pencemaran di Parepare, Ini Penegasan Guru Besar FH Unhas

Prof Irwansyah SH MH

 

PAREPOS. CO. ID, PAREPARE– Belum adanya titik terang terkait insiden pencemaran di perairan Cempae, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, mendapat tanggapan dari beberapa pihak. Salah satunya dari Pakar Hukum Lingkungan yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Hukum UNHAS , Prof Dr Irwansyah SH MH, terkait belum adanya titik terang atas insiden yang terjadi, Kamis 10 Januari 2019, lalu.

Prof Irwansyah mengakui, karena terjadi pencemaran dan termasuk kategori tindak pidana, polisi harus serius menanganinya untuk meminta pertanggungjawaban pihak yang bertanggung jawab. Pihak yang dirugikan, kata Irwansyah, bisa menuntut ganti rugi melakui mekanisme perdamaian atau musyawarah mufakat atau menggugat ke pengadilan berdasarkan mekanisme gugatan kelompok atau class action.

Ia pun menilai, peranan aparat kepolisian harus membuktikan penyebab terjadinya tumpahan minyak yang mengakibatkan terjadinya pencemaran. Untuk membuktikan apa dalam unsur kesengajaan atau kelalaian. Perlu diuji dilaboratorium utk mengukur adanya pelanggaran terhadap dilampauinya baku mutu air atau air laut. “Ini masuk kategori pidana dan kepolisian jangan terlalu lama menanganinya, agar tidak menjadi sebuah spekulasi dikalangan masyarakat,”tegasnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Parepare, AKP Abd Haris Necolaus mengungkapkan, kasus ini selain ditangani pihak Polres Parepare juga ada tim dari Polda Sulsel.” Ini masih dalam tahap penyelidikan, dan kita telah memanggil pihak KSOP, Nahkoda Kapal pihak Pertamina dan masyarakat sekitar wilayah terdampak, ” singkatnya. Ditambahkannya, pihaknya juga akan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke saksi ahli dan meminta gelar perkara di Polda. (ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!