IYL Instruksikan Relawan PMI Siaga Antisipasi Banjir

by

 

PAREPOS. CO. ID, MAKASSAR– Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Ichsan Yasin Limpo (IYL), mengimbau semua relawan PMI untuk selalu siaga mengantisipasi potensi banjir yang rawan terjadi akibat tingginya curah hujan di sejumlah daerah di Sulsel. Semua sarana dan perlengkapan kebutuhan penanganan bencana diminta ikut disiapkan.

Hal itu disampaikan IYL saat melakukan inspeksi kesiagaan relawan di markas relawan PMI Sulsel, Jl Lanto dg Pasewang Makassar, Selasa 22 Januari, sore ini. “Lakukan koordinasi dengan PMI Kabupaten/Kota untuk terus melakukan pantauan lapangan. Relawan harus selalu siaga untuk siap terjun membantu sesama,” imbau IYL di hadapan para relawan.

Tokoh kemanusian peraih penghargaan dari United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) PBB ini, terjun langsung mengecek sarana dan kebutuhan penanganan bencana semisal penyiapan perahu karet hingga peralatan dan kebutuhan teknis para relawan.

Di markas relawan, IYL memonitoring laporan koordinasi pemanatauan lapangan dengan sesama relawan PMI di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel. Curah hujan yang tinggi yang bisa berdampak banjir, dikhawatirkan terjadi di beberapa daerah diantaranya Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Barru, Jeneponto, dan beberapa daerah lainnya.

Tingginya debit ait Bendungan Bili-bili saat ini, ikut diingatkan IYL unttuk diwaspadai. Disebutkan, ketinggian air saat ini sudah mencapai 101,36 meter sehingga pembukaan pintu air dilakukan yang bisa berdampak banjir di sejumlah titik di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *