KKL STIA Prima, Posko Assorajang Luncurkan Program Bantuan Hukum Gratis Warga Miskin – Pare Pos
Hukum dan Kriminal

KKL STIA Prima, Posko Assorajang Luncurkan Program Bantuan Hukum Gratis Warga Miskin

*Gandeng YLBH Bhakti Keadilan

PAREPOS.CO.ID, WAJO — Peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Puangrimaggalatung (Prima) Sengkang, Posko Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo luncurkan program Sosialisasi Bantuan Hukum Gratis.

Dengan menggandeng Yayasan Lembaga Bantuan Hukum ternama, (YLBH) Bhakti Keadilan, bantuan hukum gratis tersebut diperuntukkan bagi warga miskin. Hal ini disampaikan koordinator desa (Kordes) Assorajang, Syahrul Ramadhan.

“Kita sudah sampaikan ke pihak YLBH Bhakti Keadilan, dan alhamdulillah bersedia untuk turun langsung bekerjasama dengan Mahasiswa KKL STIA Prima Sengkang guna mensosialisasikan bantuan hukum gratis yang diperuntukkan bagi warga miskin,”ujar Syahrul Ramadhan, Selasa 15 Januari 2018.

Supervisor Posko Assorajang, Ilham mengatakan jika sosialisasi bantuan hukum gratis yang diperuntukkan bagi warga miskin sangat penting untuk dilakukan. Kata dia, sehingga dapat diketahui ataupun tersampaikan kepada masyarakat.

“Program ini akan memberi hak kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan bantuan hukum secara gratis. Masih banyak masyarakat yang kurang beruntung tersangkut masalah hukum dan mereka tidak mengerti,”ujarnya

Ilham menambahkan, Program Bantuan Hukum merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

“Rencananya program ini akan dilaksanakan oleh adek-adek Mahasiswa KKL Posko Assorajang pada pertengahan pelaksanaan KKL tersebut,”tambahnya.

Sekedar diketahui, Eksistensi LBH yang ada di Indonesia, setiap tiga tahun diverifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, untuk periode 2019-2021 hanya LBH Bhakti Keadilan yang terakreditasi “A” di Kawasan Timur Indonesia.

Prestasi LBH Bhakti Keadilan (Sulawesi Selatan), untuk periode 2019 – 2021 terbilang cukup menggembirakan. Pasalnya, dari 524 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang dinyatakan terakreditasi Kementerian Hukum dan HAM RI, hanya sembilan OBH yang berhasil memperoleh Akreditasi A.

Dari 9 OBH tersebut, LBH Bhakti Keadilan adalah satu-satunya yang berdomisili di Kawasan Timur Indonesia yang memperoleh Akreditasi A. OBH yang mendapat Akreditasi A dari Kementerian Hukum dan HAM yakni : Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bhakti Alumni UNIB (Bengkulu), LBH Mawar Saron Jakarta (DKI Jakarta).

Termasuk POSBAKUMADIN Jakarta Utara (DKI Jakarta), Lembaga Penyuluhan Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LPKBHI) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walinsongo Semarang (Jawa Tengah), Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Purwokerto (Jawa Tengah), Perkumpulan Pendampingan Perempuan dan Anak Bina Annisa (Jawa Timur).

Serta Posbakumadin Pengadilan Agama Bima (Nusa Tenggara  Barat), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Bhakti Keadilan (Sengkang – Sulawesi Selatan) dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Sejahtera Palembang Sriwijaya (Sumatera Selatan). (ile/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!