Nahkoda MT Golden Pearl XIV Temui KSOP, Ini Klarifikasinya

by

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare telah didatangi oleh nahkoda kapal tanker MT Golden Pearl XIV yang diduga, menjadi awal pencemaran di perairan sekitar Terminal BBM (TBBM) Parepare, Kamis 10 Januari, lalu.

Kepala KSOP Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa membenarkan kedatangan nahkoda kapal tanker MT Golden Pearl XIV, namun belum melakukan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). “Iya nahkoda kapal sudah datang, tapi belum kami lakukan BAP,”ujarnya, Rabu 16 Januari, malam ini.

Capt Dahlan mengakui, hasil klarifikasi sementara dari nahkoda kapal bahwa pada saat selesai melakukan suplai minyak ke penampungan Pertamina. Kondisi malam itu, disertai hujan keras dan guntur. “Memang benar pada malam itu, terjadi hal demikian,”katanya. Kemungkinan ada yang kelupaan menutup palem, dan itu masuk akal. Dahlan menambahkan, pemanggilan terhadap nahkoda tidak dilakukan sebelum berangkat, dikarenakan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) atau panduan yang diikuti.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *