Parepare Dapat Dana Kelurahan Rp 8 Miliar, Wali Kota Bentuk Tim Pengawasan – Pare Pos
Metro Pare

Parepare Dapat Dana Kelurahan Rp 8 Miliar, Wali Kota Bentuk Tim Pengawasan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe akan membentuk tim untuk melakukan pengawasan dan penggunaan dana kelurahan yang diperoleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare sebesar Rp8 miliar lebih tahun ini. Pengawasan dana kelurahan tersebut untuk mewujudkan optimalisasi penggunaan dana-dana pusat tersebut.  “Dana pusat, seperti dana kelurahan harus dioptimalkan penggunaan dan pengelolaannya, sehingga saya akan bentuk tim dalam pengawasan,” kata Taufan Pawe usai membuka Musrenbang RPJMD di Hotel Bukit Kenari, kemarin.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan agar dana kelurahan tersebut tepat sasaran dan terukur. “Kita juga akan lakukan kajian untuk data yang valid apa saja nantinya menjadi kebutuhan masyarakat melalui dana kelurahan. Intinya dana kelurahan itu untuk sejahterakan masyarakat,” jelasnya.  Wali Kota dua periode itu mengatakan, Pemkot Parepare tentunya menyambut baik pembangunan di tingkat kelurahan melalui dana kelurahan. “Saya rasa kebijakan pusat bagus, sehingga dana kelurahan harus dikelola dengan baik. Saya butuh data valid untuk hal itu,” katanya.

Sejak periode pertama kepemimpinannya, kata Wali Kota, pembangunan ditingkat kelurahan sudah berjalan melalui pagu indikatif. “Kalau tidak salah, apakah tahun 2014 atau tahun 2015, kita sudah memberikan dana untuk pembangunan di masing-masing kelurahan melalui pagu indikatif wilayah,” ujarnya. Olehnya itu, adanya dana kelurahan ini akan berkolaborasi nantinya dengan pagu indikatif wilayah yang telah dilakukan Pemkot Parepare. “Ini akan menambah akselerasi dan pergerakan pembangunan di tingkat kelurahan, termasuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Taufan.

Wali kota menambahkan, setelah APBD 2019 ditetapkan, dana kelurahan baru turun ke pemerintah kota, sehingga kemungkinan dalam penggunaannya akan ada SK Parsial. “Kita akan lihat bagaimana juknis dana kelurahan itu. Ini dalam rangka pengelolaan dana yang baik, tepat sasaran dan terarah,” pungkas Wali Kota Parepare dua periode ini. (sar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!