Pasokan Berkurang, Harga Tomat Meroket di Parepare – Pare Pos
Ekonomi

Pasokan Berkurang, Harga Tomat Meroket di Parepare

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Dinas Perdagangan Kota Parepare merilis perkembangan harga bahan pangan sejak tiga hari terakhir. Harga bahan pokok masih mengalami perubahan setiap saat. Perubahan itu, disebabkan pasokan berkurang dan cuaca. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Kota Parepare, Ira Irianty, melaporkan, perkembangan harga bahan pangan selama tiga hari terakhir, menunjukkan adanya perubahan harga.

Namun, secara keseluruhan harga bahan pangan masih stabil. “Saat ini, harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah tomat, bumbu masak ini naik dari Rp10.000 per kilogram (kg) menjadi Rp12.000 per kg atau mengalami kenaikan sekitar Rp2.000 per kg,” katanya. Sedangkan bahan pangan yang mengalami penurunan harga adalah cabai merah besar, turun dari Rp20.000 per kg menjadi Rp15.000 per kg, cebai merah keriting turun dari Rp25.000 per kg menjadi Rp20.000 per kg, cabai rawit merah turun dari Rp30.000 per kg menjadi Rp25.000 per kg.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Parepare H Bahar, mengatakan, harga kebutuhan pokok yang mengalami perubahan selama tiga hari terakhir adalah tomat yang naik mencapai Rp12.000 per kg. “Stok tomat mulai berkurang, sehingga harga tomat naik dari Rp10.000 menjadi Rp12.000 per kg. Harga tomat mengalami perubahan setiap saat karena selain stok mulai berkurang, cuaca juga ikut menghambat pengiriman dari daerah penghasil,” katanya.

Sedangkan, kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni cabai merah besar, cabai merah keriting dan cabai rawit merah. “Kami imbau pedagang bahan pangan agar tidak menaikkan harga bahan pangan secara sepihak agar daya beli masyarakat tidak menurun,” katanya.

Penjual Tomat di Pasar Lakessi bernama Santy, mengatakan, harga tomat naik karena harga dari pedagang pengepul juga tinggi, sehingga pedagang yang menjual ke konsumen terpaksa juga menaikkan harga.
“Kami belinya juga mahal, jadi harganya juga lebih mahal, kami hanya untung sedikit. Jika harga naik, maka sepi pembeli,” katanya.

Sementara itu, harga bawang merah juga masih tinggi mencapai Rp40.000 per kg, bawang putih hanya dijual dengan harga Rp25.000 per kg dan beberapa harga kebutuhan lainnya yang dianggap konsumen masih tinggi. Sementara harga ayam potong ukuran besar Rp50.000 per ekor dan ukuran sedang seharga Rp40.000 per ekor. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!