Pencemaran Laut, Capt Dahlan: Ini Sanksinya – Pare Pos
Metro Pare

Pencemaran Laut, Capt Dahlan: Ini Sanksinya

Kepala KSOP Kota Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa didampingi Humas KSOP Eko Prayetno

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Insiden rembesan minyak jenis solar yang terjadi di perairan sekitar Terminal BBM (TBBM) Pare Pare, dipastikan bisa mendapatkan sanksi baik administrasi maupun pidana.
Penegasan itu diungkapkan, Kepala KSOP Kota Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa yang ditemui Parepos.Fajar.Co.id diruang kerjanya, Senin 14 Januari, siang tadi.

Menurutnya, kejadian rembesan solar yang tumpah di perairan Parepare tentu akan dikaji lebih dalam. Baik itu dampak pencemaran lingkungan, maupun kelalaian dari petugas yang melaksanakan aktivitas pada hari itu.
Sanksinya bisa dipidana, sesuai yang diatur dalam Pasal 123 tentang perlindungan lingkungan maritim dan itu sudah sanksinya di pasal 325 ayat 1 dan 2 kurungan penjara maksimal 10 tahun dan denda uang sebesar Rp500 juta.

Dia menyebutkan, dari kejadian ini,ada dua pihak yang akan dimintai keterangan yakni pihak Kapal dan pihak Pertamina. Namun, untuk dampak pencemaran lingkungan itu tetap mangacu pada hasil pemeriksaan atau uji dari pihak tertentu.”Kami akan menunggu keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup atau pihak yang ahli dibidang lingkungan apa dampak dari tumpahan minyak itu,”katanya.

Pada saat kejadian, pihaknya mengaku tidak tau menahu soal adanya tumpahan minyak. Dan disinilah letak kesalahan yang dilakukan oleh pihak Pertamina karena tidak melaporkan adanya kejadian pada saat melakukan aktifitas. “Kapal berangkat sekira pukul 12.00 wita siang, kemudian didapat laporan terjadinya tumpahan minyak sekira pukul 14.00 wita. Itupun laporannya diterima dari polisi.Disini letak kesalahan pertamina, dan seandainya ada laporan sebelum kapal berangkat, tentu kami tidak mengeluarkan rekomendasi berlayar sebelum dilakukan klarifikasi atas kejadian itu,”tegasnya.(mon)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!