Pencemaran Laut, KSOP Panggil Nahkoda MT Golden Pearl XIV – Pare Pos
Metro Pare

Pencemaran Laut, KSOP Panggil Nahkoda MT Golden Pearl XIV

Kepala KSOP Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE — Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) akan melakukan pemanggilan kepada nahkoda kapal tanker MT Golden Pearl XIV untuk dimintai klarifikasi adanya rembesan solar yang terjadi di perairan sekitar Terminal BBM (TBBM) Pare Pare. Pemanggil tersebut akan dilakukan, setelah kapal tanker sudah tiba di pelabuhan tujuan.

Kepala KSOP Parepare, Capt H Dahlan Museng Gappa mengungkapkan hal itu saat ditemui diruang kerjanya, Senin 14 Januari, siang tadi. Dia menjelaskan, Kapal tanker tersebut bertolak dari Kota Makassar, Senin 7 Januari dan tiba Kamis 10 Januari di Parepare, dan kembali bertolak menuju Pelabuhan Bau-bau Kamis 10 Januari.

Tapi pada saat tiba di Parepare untuk melakukan aktivitas bongkar muat bahan bakar minyak diduga adanya kelalaian dan kecerobohan, sehingga terjadi tumpahan minyak di perairan. Menurutnya, untuk mendalami kejadian tersebut akan dilakukan klarifikasi bersama dengan pihak Pertamina dan nahkoda kapal tanker. “Saya baru mau pelajari ini kejadiannya, bagaimana kronologis sebenarnya,”katanya.

Dahlan menambahkan, pemanggilan terhadap nahkoda tidak dilakukan sebelum berangkat, dikarenakan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) atau panduan yang diikuti. “Kami tidak mau menghalangi perjalanannya,jangan sampai itu yang menjadi alasan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,”katanya.(mon)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!