Pengamanan Bansos, Kapolda dan Gubernur Sulbar Pantau MoU Kapolri dan Mensos – Pare Pos
Sulawesi Barat

Pengamanan Bansos, Kapolda dan Gubernur Sulbar Pantau MoU Kapolri dan Mensos

Gubernur Sulbar diapit Kapolda dan Wakapolda Sulbar dalam kegiatan video conference

 

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU– Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, institusi kepolisian terus membangun sinergitas dan kerjasama dengan berbagai lembaga. Salah satunya, menjalin kerjasama dengan Kementrian Sosial (Kemensos) melalui kegiatan Video Conference (Vicon) yang dituangkan pada pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama antara Polri dan Kemensos, Jumat 11 Januari 2019, yang di pusatkan Puldalsis Mabes Polri.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama tersebut mengenai bantuan pengamanan dan penegakkan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial. Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat, turut serta menghadiri kegiatan Vicon yang dilangsungkan di ruang Vicon Polda Sulbar. Kegiatan tersebut selain dihadiri Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dan Wakapolda Sulbar, Kombes Pol Dr. Endi Sutendi SH, MH, SIK dan pejabat utama lainnya. Nampak pula, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kadis Sosial Provinsi Sulbar dan Bupati Mamuju, Drs H Habsi Wahid MM.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan penandatanganan MoU bersama antara Polri dan Kemensos ditandai dengan pembacaan MoU dan penandatangan yang dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan terkait program-program pada penyaluran bantuan sosial oleh Kemensos, Kapolri dan Ketua Komisi VIII DPR RI.

Kapolri dalam sambutannya mengharapkan agar anggaran yang di peruntukan untuk masyarakat bisa tepat sasaran, tidak bocor dan tidak menyimpang sehingga apa yang disalurkan betul-betul sampai kepada tangan yang tepat, dan yang terpenting masyarakat paham dengan kegiatan yang kita selenggarakan. “Data penyerahan bantuan harus betul-betul akurat agar tidak menjadi bumerang maupun kericuhan hanya karena bantuan yang di salurkan tidak tepat sasaran,”ujar Kapolri.

Kapolri juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Kemensos kepada Polri dalam mensukseskan program penyaluran bantuan sosial kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu guna peningkatan kesejahteraan. “Insha Allah kami akan memberikan pelayanan maksimal demi pengabdian kepada bangsa dan negara,”ungkapnya. Ketua Komisi VIII, Ali Taher dalam sambutannya mengatakan, untuk menyukseskan program ini dibutuhkan integritas yang cukup yaitu amanah dan tanggung jawab. ” Saya kira eksistensi Polri saat ini bisa mewujudkan hal tersebut,”ujarnya.

Diakhir kegiatan tersebut, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan ada program bakti sosial unggulan yang akan dilancarkan yaitu ‘Kampung Siaga Bencana’. Dimana kegiatan ini, menjadi salah satu program yang di prioritaskan guna mengantisipasi daerah yang memiliki kerawanan dan kerentangan. Kapolda Sulbar bersama Gubernur dan Kadis Sosial Provinsi Sulbar usai kegiatan vicon menjelaskan, penandatangan MoU bersama yang telah dilakukan untuk mengawal dan memastikan penyaluran bantuan sosial bisa tepat sasaran. ” Jika dalam pelaksanaan ada pidana, maka akan di proses,”singkatnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!