Rembesan Solar Kapal Tanker, Ini Tindakan Pertamina

by

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII bekerja sama dengan Kepolisian dan Angkatan Laut, sigap menanggulangi rembesan solar yang terjadi di Terminal BBM (TBBM) Pare Pare. Saat ini tim tengah memasang oil boom yang berfungsi untuk mengurung rembesan solar sehingga tidak meluas. Kemudian tim mengaplikasikan oil dispersant ramah lingkungan yang berfungsi menguraikan Solar sehingga mudah dicerna oleh mikroba laut.

Unit Manager Communication dan CSR, M. Roby Hervindo menjelaskan, respon awal penanggulangan rembesan dilakukan oleh tim tanggap darurat Pertamina. “Saat ini sudah disemprotkan sebanyak 200 liter oil dispersant ramah lingkungan untuk menguraikan Solar di perairan sekitar TBBM Pare Pare,” ujar Roby.

Dari pemeriksaan awal diketahui rembesan Solar berasal dari kapal tanker MT Golden Pearl XIV yang sedang sandar di jetty TBBM Pare Pare. Diidentifikasi terjadi kerusakan pada pendingin LO Cooler A/E kapal tanker. Solar tersebut adalah bahan bakar kapal, bukan dari muatan tanker. Kejadian diketahui sekitar pukul 06.00 WITA oleh petugas TBBM Pare Pare dan langsung dilakukan penanganan.

Adapun sumber kerusakan di kapal tanker yang mengakibatkan rembesan Solar sudah ditanggulangi. Jumlah solar yang merembes ke perairan sekitar TBBM Pare Pare saat ini masih dalam proses perhitungan. Pertamina menghimbau kepada warga sekitar TBBM Pare Pare agar tidak mengumpulkan Solar yang terdapat di perairan. Sehingga menghindari terjadinya resiko insiden akibat kegiatan pengumpulan Solar.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *