Tuntaskan Tumpahan Solar di Parepare, Walhi: Pertamina dan PT Soci Bertangungjawab

by

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulsel, Muhammad Al Amin, mengharapkan agar kasus tumpahan solar di Perairan Parepare, pengusutannya dituntaskan agar kejadian yang sama tidak terulang kembali. Terkait siapa yang patut dipersalahkan, kata Muh Al Amin, bukan hanya pihak Pertamina, tapi pemilik kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM), yaitu Kapal Golden Pearl XIV milik PT Soechi Lines Tbk (SOCI) juga harus bertanggungjawab.

Walhi Sulsel pun meminta agar dilakukan audit soal sewa menyewa kapal, sebab sudah ada fakta yang menunjukkan terjadi kebocoran. “Harus jelas mengapa tidak dilakukan pemeliharaan sehingga terjadi bocor. Ini bukan soal sepele, tumpahan minyak berimbas pada lingkungan dan masyarakat. Dipastikan ini tidak akan terulang, dengan melakukan uji laik kapal, baik pemilik maupun Pertamina. Mengapa menggunakan kapal yang berpotensi bocor,” katanya, Selasa 15 Januari, malam ini.

Kalau ada yang mengatakan bahwa pengecekan tetap dilakukan, menurut Al Amin, faktanya terjadi kebocoran. Artinya Pertamina abai, tidak melakukan pemeriksaan. “Yang korban adalah masyarakat,” tandasnya. Menurutnya, pihak yang bertanggungjawab mesti diberi sanksi, sehingga ke depan tidak menganggap remeh persoalan-persoalan yang mendasar seperti itu. “Harus ada pressing, tidak bermain-main terkait lingkungan hidup. Pemeriksaan harus utuh, jangan ada yang ditutupi, jangan ada yang diamankan, semua harus terbuka ke publik,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *