Wakil Bupati Majene: GTK Diharuskan Ikut UKG – Pare Pos
Pendidikan

Wakil Bupati Majene: GTK Diharuskan Ikut UKG

Wakil Bupati Majene H Lukman bersama dengan Ketua PGRI Cabang Kecamatan Banggae Timur, Hj Fatmawaty Fahmi dalam kegiatan Maulid Nabi

 

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Wakil Bupati Majene, H Lukman menyebutkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah melakukan program Uji Kompetensi Guru (UKG). Tujuannya, untuk mengukur sekaligus mengembangkan potensi para guru dalam rangka meningkatkan kualitas sebagai tenaga pendidik. Sehingga, kata Lukman, Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) diharuskan untuk mengikuti kegiatan UKG sebagai sarana dalam mengembangkan kualitas diri.

Bukan hanya itu, UKG juga bisa mengukur dua dari empat kompetensi guru yakni kompetensi profesional dan pedagogis. Sedangkan kompentensi lainnya, seperti kompetensi sosial dan kepribadian diukur melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG). Hal itu diungkapkannya, saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 hijryah tingkat PGRI di Kecamatan Banggae Timur, Pendopo Rujab Bupati Majene, Kamis 24 januari, kemarin.

Ia menambahkan, tujuan lain dari program UKG itu agar guru terus belajar dan menggali ilmu sehingga bisa menjadi inspiransi nyata bagi siswa itu sendiri. Kegiatan UKG juga bisa mengetahui capaian kompetensi dan langkah awal untuk mengembangkan pelatihan sesuai rapor kompetensi dan mengembangkan prestasi serta meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. “Para guru nantinya bisa menjadi contoh nyata pembelajaran bagi anak didiknya. Bukan sebaliknya, peserta didik lebih hebat dari gurunya. Terlebih lagi di zaman sekarang ini sudah banyak pelajaran yang bisa diterima di luar sekolah,” katanya.

Untuk itu, diharapkan kepada setiap guru agar dapat terus berkompetensi jauh labih baik kedepannya. Termasuk dengan cara menilai kinerja guru, tentunya diukur dengan penilaian keterampilan, kehadiran dan motivasi guru sebagai agen pembelajaran yang harus menjadi fasilitator, motivator, pemacu, pemrakarsa pembelajaran dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Kecamatan Banggae Timur, Hj Fatmawaty Fahmi mengatakan, sangat mengapresiasi peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan. “Peringatakan maulid kali ini merupakan yang ke lima kalinya selama masa periodenya. Ini menunjukan suatu kemajuan dan kebanggaan tersendiri bagi PGRI Cabang Kecamatan Banggae Timur,”ujar Ketua TP PKK Majene, tersebut.

Bunda Paud ini juga berterima kasih kepada semua pihak termasuk bagi kepala sekolah dan guru yang bertugas di Kecamatan Banggae Timur yang senantiasa dapat berpartisipasi sehingga acara Maulid tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Dia juga berharap semoga kedepannya kegiatan seperti ini tetap dapat berlanjut sesuai yang diharapkan bersama.(edy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!