Bebas Calo, Polres Pangkep Mulai Terapkan Pengurusan SIM Berbasis Online – Pare Pos
Pro Daerah

Bebas Calo, Polres Pangkep Mulai Terapkan Pengurusan SIM Berbasis Online

 

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP- Untuk menghindari upaya praktek pungli dan bebas calo dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mulai terapkan pengurusan SIM berbasis online.

Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Fitriawan menyampaikan, pihaknya menjamin pengurusan SIM di Kabupaten Pangkep telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, yaitu pertama pemohon sim membawa fotokopi KTP, keterangan kesehatan kemudian diarahkan ke bagian psikologi.

“Pelayanan SIM pada Polres Pangkep sudah mengunakan aplikasi online. Serta loket yang satu dengan yang lain dapat terkoneksi. Sehingga peluang untuk terjadinya manipulasi hasil sangat sulit apalagi jika tidak melewati salah satu loket dapat dipastikan sim tidak dapat tercetak,”jelasnya, Senin 11 Februari, 2019.

Setelah itu, pemohon akan diarahkan ke loket pertama untuk biodata kemudian langsung ke loket BRI untuk pembayaran SIM.Pemohon pun akan diarahkan ke loket kedua untuk verifikasi data dan pengambilan sidik jari dan foto SIM.

Lanjut disampaikan, pemohon bakal diarahkan ke ruangan pencerahan rambu-rambu lalu lintas dan pemohon akan mengikuti ujian. Setelah itu barulah pemohon akan mengikuti ujian praktek. Apabila dinyatakan lulus pada seluruh tahapan, barulah pemohon berhak memperoleh SIM.

“Intinya dalam pengurusan SIM di Polres Pangkep itu sama sekali tidak ada calo, dan bebas pungli, karena pemohon sendiri yang terlibat langsung dalam proses itu. Dan semuanya telah sesuai dengan prosedur dan ada ujian yang harus dilalui oleh setiap pemohon,”terangnya. (awi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!