Dirikan Tenda di Bottotanre, BPBD Sebut Info Tsunami “Hoaks” – Pare Pos
Bencana Alam

Dirikan Tenda di Bottotanre, BPBD Sebut Info Tsunami “Hoaks”

Kawasan Bottotanre

PAAREPOS.CO.ID, WAJO — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo H Alamsyah membenarkan adanya informasi hoaks yang beredar hingga meresahkan masyarakat Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Informasi itu menyebutkan akan terjadi bencana tsunami, yang tak lain berasal dari Ambo Muse merupakan salah seorang paranormal atau dukun di Totakki, Desa Akkotengen, Kecamatan Sajoanging. Ia menginfokan bahwa 1-2 hari akan terjadi gempa dan tsunami besar.

“Kami BPBD bekerja cepat untuk tenangkan masyarakat agar tidak ada kepanikan. Adanya informasi itu, kami langsung merespon dan turun langsung kelokasi,”ujar H Alamsyah, Selasa 12 Februari 2019.

H Alamsyah menambahkan, jika koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD telah memberikan pemahaman dan sosialisasi terutama mengenai gempa dan tsunami itu sendiri.

Bahkan BPBD Wajo langsung melakukan komunikasi dengan pihak BMKG serta aparat kepolisian dan TNI guna menjelaskan kemasyarakat bahwa informasi itu tidak benar dan hoaks.

“Alhamdulillah tadi masyarakat yang mendirikan tenda sudah kembali ke rumah masing-masing,”tuturnya.

Pantauan Parepos.co.id, sebelumnya terlihat sejumlah warga telah mendirikan tenda pengungsian di kawasan perkebunan jambu mente, Bukit Bottotanre, Dusun Kulampu, Desa Barangmamase, Kecamatan Sajoanging. (ile/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!