DPRD Maros Sahkan Perda Penanggulangan Kemiskinan – Pare Pos
Pro Daerah

DPRD Maros Sahkan Perda Penanggulangan Kemiskinan

 

PAREPOS.CO.ID. MAROS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros bersama eksekutif melakukan penandatanganan pengesahan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanggulangan Kemiskinan di Gedung Utama DPRD Maros, Rabu 13 Februari 2019.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Penanggulangan Kemiskinan, Hj Suhartina Bohari mengatakan, Perda ini akan diterangkan lebih lanjut dengan Peraturan Bupati (Perbup) yang selanjutnya dalam Perbup diharapkan data orang miskin berdasarkan nama, alamat dan gambar.

Jadi nanti data orang miskin itu berdasarkan sistem by name, by picture dan by address sehingga semua data berdasarkan fakta di lapangan. “Jangan sampai ada disebut miskin padahal punya kendaraan bermotor, emas yang banyak, telepon seluler yang canggih,” ujarnya.

Caleg DPR RI asal Maros dari PAN itu juga menyampaikan, untuk masalah pendataan, sebaiknya dilakukan setiap tahun sehingga data orang miskin berdasarkan keadaan sebenarnya dan data tersebut dapat digunakan. Kemudian pada bulan November semua data sudah tersedia untuk memudahkan penyaluran bantuan dari berbagai stakeholder terkait.

Sementara itu, Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyampaikan, Perda yang disahkan diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan, yang hingga tahun 2018 masih mencapai 10 persen atau sekitar masih ada 38 ribu jiwa penduduk miskin.

Dia menjelaskan, isu kemiskinan di Maros masih menjadi perhatian bagi pemerintah. Jumlah penduduk miskin yang masih mencapai 38 ribu lebih mengalami penurunan sejak tahun 2013, yakni sebanyak 43 ribu lebih.

Namun menurutnya, masih ada oknum yang memanfaatkan kata orang miskin untuk kepentingan pribadinya, misalnya agar mendapat bantuan dari pemerintah. Padahal, kata Hatta, mereka memiliki penghidupan yang cukup. “Saya mendapati seperti itu, karena ada bantuan dari Pemerintah jadi masuk dalam daftar orang miskin. Ini yang harus dibenahi. Bantuan untuk warga miskin harus tepat sasaran,”ungkapnya. Pihaknya berharap Perda Penanggulangan Kemiskinan ini dapat menurunkan angka kemiskinan secara signifikan. (ila)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!