Gerakan Peduli Sampah, Polisi dan Pemkab Mamuju Sasar Lokasi Ini – Pare Pos
Sulawesi Barat

Gerakan Peduli Sampah, Polisi dan Pemkab Mamuju Sasar Lokasi Ini

 

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU– Setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Simboro, Kamis 21 Februari, kemarin, sekaligus mendeklarasikan komitmen mewujudkan ‘Sulbar yang Mapaccing’.

Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar bersama pemerintah dan masyarakat melakukan aksi nyata dengan gerakan peduli sampah di area pasar di Kabupaten Mamuju. Aksi yang dilakukan di Pasar Baru, dipilih dikarenakan volumen sampah di area tersebut diperkirakan lebih banyak. Sebelum pelaksanaan aksi peduli lingkungan ini, dilaksanakan terlebih dahulu apel bersama. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang dilakukan terkoordinir sehingga gerakan peduli sampah ini lebih maksimal dan efisien.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Baharuddin Djafar MSi menginstruksikan agar sampah yang akan dibersihkan tetap dipilah dan di pisahkan, khususnya sampah organik dan non organik agar semuanya tidak di buang begitu saja. “Yang bisa di daur ulang kita manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi, sekaligus membantu gerakan komunitas pengrajin sampah daur ulang,”katanya, Jumat 22 Februari, pagi tadi.

Ia pun mengugah kepedulian masyarakat untuk lebih peduli dengan kebersihan, dimulai dari diri sendiri. “Jadikan moment ini sebagai penyemangat untuk hidup bersih setiap saat,”katanya. Senada diungkapkan, Bupati Kabupaten Mamuju, H Habsi Wahid yang juga mengajak seluruh peserta untuk semangat membudayakan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelaksanaannya, kata Habsi, aksi peduli sampah ini dibagi beberapa kelompok yaitu di Pasar Baru, Pantai, Sumare dan lokasi lainnya yang dijadikan sebagai sasaran kegiatan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Kapolres Mamuju, Bupati Mamuju beserta OPD lingkup Kabupaten Mamuju.

Usai apel bersama, seluruh peserta langsung menyebar sesuai lokasi yang telah ditentukan untuk membersihkan segala bentuk sampah yang ada demi mewujudkan daerah yang Mapaccing. Kegiatan ini juga diwarnai dengan pembacaan deklarasi peduli sampah sebagai bentuk komitmen bersama untuk memelihara lingkungan dari sampah.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!