HIPMI Tuntut Pejabat Korupsi Mundur di Parepare – Pare Pos
Metro Pare

HIPMI Tuntut Pejabat Korupsi Mundur di Parepare

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI Kota Parepare

 

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (HIPMI) Kota Parepare, Selasa 12 Februari, mendatangi kantor Wali Kota serta Kejaksaan Negeri Kota Parepare. Unjuk rasa mahasiswa tersebut, menyikapi adanya beberapa kasus korupsi yang diduga melibatkan pejabat dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Formatur Ketua Umum HIPMI Kota Parepare, Tri Suryadi Saputra mengungkapkan, sesuai UU No 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Sesuai Pasal 5 ayat 4 menyatakan, setiap penyelenggara berkewajiban untuk tidak melakukan perbuatan korupsi.

Namun, dalam catatan HIPMI Kota Parepare terdapat beberapa kasus korupsi yang melibatkan penyelenggara negara diantaranya, kasus Gerobak jilid II, Kasus Korupsi Pengunaan Dana Program bantuan KSU Cempaka Raya dari Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2013 dan 2017, Kasus Mark Up Alkes RSUD Andi Makkasau, Kasus OTT eks ULP, Kasus Raibnya dana Dinas Kesehatan Rp 2,9 miliar dan Kasus DAK Disdikbud 2018.

Terkait hal itu, HIPMI Parepare menuntut Wali Kota Parepare menonaktifkan jabatan pejabat yang terlibat dugaan korupsi. Dan menuntut Kejari Parepare untuk mempercepat eksekusi terkait pejabat yang terlibat korupsi di Kota Parepare. Dari pantauan Parepos online, aksi damai mahasiswa tersebut berjalan lancar, walaupun saat di Kejaksaan Negeri mahasiswa sempat dilarang masuk dilingkungan kantor. Aksi itupun melalui pengawalan pihak Kepolisian dan Satpol PP.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!