HUT ke-59, Bumi Lasinrang Terkemuka di Tangan Aslam Patonangi – Pare Pos
Ajatappareng

HUT ke-59, Bumi Lasinrang Terkemuka di Tangan Aslam Patonangi

Bupati Pinrang dua periode, aslam Patonangi diapit Gubernur Sulsel dan Bupati Pinrang terpilih

 

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Peringatan HUT Pinrang ke-59 merupakan momen istimewa, pertama kalinya dihadiri, Prof Dr Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel periode 2018-2025. Sementara Dr Aslam Patonangi yang telah menjabat Bupati Pinrang dua periode 2009-2014 dan 2014-2019 merupakan momen terakhir sebagai kepala daerah di bumi Lasinrang, Pinrang. Memimpin selama 10 tahun, Pinrang telah menuai prestasi. Capaian pembangunan mengalami kemajuan, infrastruktur, pembangunan bidang kesehatan, pertanian, industri dan perdagangan, pendidikan, sosial dan keagamaan, berkembang, sehingga Pinrang menjadi daerah terkemuka.

Salah satu buktinya, pada 2018, Pinrang merupakan salah satu daerah di Indonesia Timur yang meraih penghargaan tertinggi bidang kinerja pemerintahan, Parasamya Purna Karya Nugraha. Penghargaan tertinggi itu ditopang 300 lebih penghargaan, selama kepemimpinan Aslam Patonangi sebagai Bupati Pinrang. Dalam menjalankan roda pemerintahan, lebih ditekankan kerja nyata dan transparansi, dan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi, sehingga Pinrang meraih penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK selama enam kali.

Dari segi sumber daya alam, Kabupaten Pinrang merupakan daerah potensial. Untuk memudahkan akses di era revolusi teknologi informasi, Aslam Patonangi membuka pusat informasi di kantor Kominfo yang dinamakan Jendela Lasinrang. Perangkat yang dimiliki cukup lengkap, sehingga melalui gudget dan android semua layanan bisa diakses. Perangkat jaringan sudah terkoneksi diseluruh kecamatan, desa/kelurahan di Pinrang.

Aplikasi yang ada di Jendela Lasinrang, seperti SITDA layanan kepegewaian, layanan kesehatan, Pinrang 360-SEGAR mencakup situasi harga Sembako di pasar, informasi pencari kerja, aplikasi perizinan dinamakan SILEMPU-E, E-Planning Bappeda dan E-Budgeting Badan Keuangan Daerah dan Aplikasi KEMANA yang dapat membuka akses tempat0tempat wisata. Di Jendela Lasinrang, disediakan layar lebar untuk memantau situasi dibeberapa tempat melalui CCTV. Bahkan untuk rapat-rapat, baik dengan OPD maupun kecamatan, bisa melalui teleconference atau pertemuan yang dilakukan lewat koneksi jaringan.

Selain itu, untuk lebih memudahkan informasi yang dapat dinikmati masyarakat Pinrang, di sejumlah tempat dapat menikmati informasi melalui Wifi gratis. Masyarakat juga bisa berinteraksi langsung dengan Bupati Pinrang melalui interaktif Radio Suara Simpati Angkasa Pinrang yang diselenggarakan setiap bulan, mencakup semua masalah terkait pelayanan pemerintahan di Pinrang. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!