Kejari Canangkan Zona WBK-WBBM di Majene – Pare Pos
Sulawesi Barat

Kejari Canangkan Zona WBK-WBBM di Majene

 

PAREPOS.CO.ID, MAJENE– Kejaksanaan Negeri (Kejari) Majene tengah mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di wilayah Kabupaten Majene. WBK dan WBBM merupakan suatu predikat diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Hal itu diungkapkan, Kajari Majene, Nur Surya SH pada pencanangan zona WBK dan WBBM di ruang pola kantor Bupati Majene, Rabu 21 Februari, kemarin. Nur Surya menuturkan, setiap OPD yang menyelenggarakan program pembangunan fisik dan sejenisnya setidaknya dapat melakukan koordinasi yang baik dengan TP4D yang sudah lama terbentuk. ” Itu penting dilakukan agar tidak terjadi adanya pelanggaran hukum termasuk keragu-raguan dalam melaksanakan program pembangunan,”katanya.

Bupati Kabupaten Majene, H Fahmi Massiara mengakui, kehadiran zona WBK dan WBBM itu merupakan sebagai langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Mengingat selama ini, banyak kendala yang dihadapi seperti penyalahgunaan wewenang, praktek KKN dan lemahnya pengawasan. “Langkah ini merupakan hal positif untuk mendapat dukungan semua pihak,”jelasnya.

Terlebih pada 2014 lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) telah mengeluarkan peraturan nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi pemerintahan yang ada. “Dalam peraturan itu, menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama, yaitu peningkatan kapasitas, akuntabilitas organisasi dan pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan layanan publik,” sebut Fahmi.(edy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!