Lanjutan Pembangunan RS Hasri Ainun Habibie Dimulai April 2019 – Pare Pos
Metro Pare

Lanjutan Pembangunan RS Hasri Ainun Habibie Dimulai April 2019

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Prioritas bantuan anggaran sebesar Rp 75 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk kelanjutan pembangunan Rumah Sakit (RS) Hasri Ainun Habibie di Kota Parepare, akan mulai dilaksanakan pada bulan April 2019. Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen yang dihubungi, Rabu 13 Februari 2019, membenarkan
jika pembangunan RS Hasri Ainun Habibie dibangun menjadi RS rujukan tipe B.

Saat ini, kata Zulkarnaen, progres RS Hasri Ainun Habibie sudah berjalan baik.

RS Regional Palopo dan Bone itu pengguna anggarannya ada di provinsi dan semua dokumennya dari provinsi.

“Sementara Parepare, pengguna anggaran dan PPK-nya di Parepare. Karena nomor rekening berbeda dengan Palopo dan Bone. Parepare masuk rekening bantuan provinsi,” tandas Zulkarnaen.

Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Sulsel yang sekarang menjadi Tim Ahli Gubernur Sulsel, Prof Hasanuddin Tahir yang dihubungi lewat telepon, kemarin.

“Namanya rumah sakit rujukan tipe B, namun fungsinya sama dengan rumah sakit regional. Karena menjadi rujukan daerah sekitarnya seperti Barru, Pinrang, Sidrap, Soppeng bahkan hingga Polman, Sulbar,” jelasnya.

Menurutnya, RS Hasri Ainun Habibie akan mungkin menjadi RS tipe A, jika didukung oleh tenaga medis yang memadai.

“Dokter ahlinya sudah 44 orang, itu sudah lebih dari cukup. Tinggal nanti ditambah keahlian atau spesialisasi yang lain. Jika sudah seperti itu, Rumah Sakit Parepare bakal lebih cepat berkembang,”ujar Prof Hasanuddin.

Pemprov Sulsel memprogramkan membangun enam RS regional di luar Makassar. Dimulai tahun ini dibangun dua, RS regional yakni di Bone dan Palopo. Parepare yang berada di luar dari rencana enam RS regional itu, dibantu menjadi RS Rujukan Tipe B.

“Yang di Bone dan Palopo itu adalah milik provinsi, sementara Parepare yang dibantu provinsi adalah milik Pemkot Parepare. Nilai bantuannya Rp75 miliar. Insya Allah, bulan April mulai berjalan. Saat ini tengah dalam pengerjaan Amdal oleh Unhas,” terang Kepala Pusdiklat Unhas ini.(sar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!