Mahasiswa Pascasarjana STIA Prima Studi Banding di Tiga Negara Asia

by

PAREPOS.CO.ID, WAJO — Mahasiswa Program Pascasarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Puangrimaggalatung (Prima) Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan melaksanakan studi banding ke tiga Negara maju dan berkembang di Asia Tenggara. Pelaksanaannya terhitung dari Senin, 21-25 Januari 2019.

Ketiga Negara yang menjadi tujuan pelaksanaan benchmarking itu masing-masing, sejumlah wilayah di Singapura, Thailand begitu juga di Malaysia. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Program Pascasarjana STIA Prima Sengkang, Hj Syamsiar Sulaiman.

Hj Syamsiar Sulaiman mengatakan, selama di Singapura Mahasiswa Program Pascasarjana STIA Prima Sengkang menyempatkan diri melihat suasana kota Singapura, seperti Merlion Park, Pulau Sentosa, Esplanade. Kata dia, pada kesempatan itu para Mahasiswa juga berkunjung ke Marina Bay Sands guna menyaksikan pertunjukan Lazer.

“Studi banding dilaksanakan Universitas Teknologi Malaysia. Tentu kunjungan ini diharapkan menambah wawasan bagi Mahasiswa, memberikan inspirasi yang bermanfaat dalam menyusun tugas-tugas perkuliahan, khususnya dalam penyusunan tesis yang sangat ini tengah dilaksanakan,”ujarnya.

Hj Syamsiar Sulaiman menambahkan, setelah melaksanakan studi banding di Kampus Universitas Teknologi Malaysia kemudian dilanjutkan ke Johor Premium Outlet (JPO), dan berfose bersama di depan Istana Johor Baru.

“Di Thailand Mahasiswa berkunjung ke Kota ¬†Hathai, sejumlah tempat yang dikunjungi seperti Mermaid Statue, Sleeping Buddha. Usai dari kota Hathai selanjutnya menuju Singapura dan berkunjung ke Menara Kembar, Dataran Merdeka, Istana Negara dan Dataran Tinggi Genting,”tambahnya.

Pelaksanaan studi banding tersebut Mahasiswa mengambil kesimpulan bahwa Singapura, Thailand dan Malaysia merupakan Negara yang memiliki perkembangan begitu pesat dalam berbagai aspek. Hal tersebut diharapkan menjadi contoh bagi Mahasiswa tentang hal yang dapat diterapkan berdasarkan pengamatan setiap Mahasiswa.

Mahasiswa Program Pascasarjana STIA Prima Sengkang berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Hal tersebut guna mencapai World Class University Pascasarjana STIA Prima Sengkang. Bagi Mahasiswa Cumlaude mesti membuat tesis dengan dua bahasa, dalam hal ini bahasa Inggris dan Indonesia. (ile/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *