Namanya Terdaftar, Warga Lapakaka tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

by

 

PAREPOS. CO. ID. BARRU — Realisasi dari program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Barru, dinilai belum maksimal bahkan terkesan masih jauh api dari panggang. Padahal metode yang diramu dalam program pengentasan kemiskinan terbilang sudah sangat elegan. Seperti yang dialami warga di daerah perbatasan Kabupaten Barru-Kota Parepare, tepatnya di Lingkungan Lapakaka, Kelurahan Bojo Baru, Kecamatan Mallusetasi. Enam warga asal wilayah tersebut, Senin 11 Februari, mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Barru guna mempertanyakan realisasi bantuan pemerintah yang tak kunjung diterimanya selama ini.

Warga Lapakaka, Halija yang datang bersama enam orang warga lainnya, mengaku selama ini dirinya tidak pernah tersentuh bantuan dari pemerintah, baik itu namanya beras raskin atau rastra, maupun bantuan sosial lainnya. “Saya ini tidak pernah dapat bantuan pak, saya hanya tinggal seorang diri di Pos Ronda tanpa penerangan listrik, “ungkapnya. Warga ini pun mengakui, untuk kebutuhan makan setiap hari dirinya menjual krupuk di sekolah. “Tolong saya pak, saya ini orang miskin yang tak punya apa-apa,”ungkapnya, dihadapan para pegawai Dinsos Barru.

Senada dikatakan oleh Fitriani, dirinya mengaku juga tidak menerima bantuan. Namun berdasarkan data di dinsos, dirinya masuk kategori yang menerima bantuan raskin. “Setelah saya kami cek, kami masuk kategori penerima bantuan. Namun, tak pernah sampai ke wilayah kami,”ungkap mereka serentak. Lingkungan Lapakaka, merupakan wilayah perbatasan dimana masyarakatnya sebahagian besar sebagai nelayan dan rata-rata dari mereka adalah warga asalam Sulbar yang sudah menetap selama puluhan tahun. (mad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *