Ombudsman Puji Pelayanan Publik di Soppeng – Pare Pos
Pro Daerah

Ombudsman Puji Pelayanan Publik di Soppeng

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat melakukan pertemuan dengan  Kepala Ombudsman RI Perwakilan  Sulsel Subhan diruang rapat pimpinan kantor Bupati Soppeng, Kamis 14 Februari

 

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Lembaga Negara Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) memuji pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Soppeng karena tidak berada di zona merah.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Subhan menyampaikan hal tersebut pada pertemuan dengan Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Rasak bersama jajarannya, Kamis 14 Februari, diruang rapat pimpinan kantor Bupati Soppeng di Jalan Salotungo, Watansoppeng.

Subhan menjelaskan, ombudsman merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri yang tidak memiliki hubungan organik dengan Lembaga Negara dan instansi pemerintahan lainnya, serta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya pasal 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Selain itu, Subhan menguraikan metode penilaian kepatuhan tentang standar pelayanan publik yang digunakan adalah metode observasi yaitu dengan cara mengamati ketampakan fisik (tangibles) dari ketersediaan komponen standar pelayanan di unit pelayanan publik di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam suatu priode tertentu.

Menurut Subhan, observasi dilakukan secara mendadak, yaitu tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang waktu pelaksanaan observasi. Hal itu supaya bisa mendapatkan informasi yang real dan akurat dilokasi kunjungan.

“Untuk kabupaten Soppeng nilai kepatuhannya tidak berada di Zona Merah. Namun masih perlu peningkatan ke posisi yang lebih baik lagi,” harapnya.

Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak saat memberikan sambutan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Soppeng sudah melakukan usaha yang maksimal dalam melayani masyarakat. Pemerintah ditempatkan sebagai pelayan atau abdi masyarakat.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa hasil kerja kami selama ini belum maksimal, dan masih belum sempurna,” ujarnya.

Olehnya itu, tambah Andi Kaswadi, berharap semoga dengan kedatangan Ombudsman bisa memberikan motivasi atau arahan demi terciptanya pemerintahan yang melayani dan lebih baik. (wis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!