Panguyuban dan Sayyang Patudu Ramaikan Pawai Budaya di Parepare – Pare Pos
Metro Pare

Panguyuban dan Sayyang Patudu Ramaikan Pawai Budaya di Parepare

 

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Nuansa kebudayaan mulai dari pakaian adat hingga permainan tradisional meramaikan Pawai Budaya dalam rangka HUT Kota Parepare ke-59. Berbagai etnis, panguyuban dan sanggar seni ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Diantaranya, Kostum Karnaval dari Sanggar Seni Melati, Tarian Gandrang Bulo dari Sanggar Seni Sippakamase SDN 62 Parepare, Kostum Adat Toraja dari Sanggar Seni SD dan SMP Kristen, Sayyang Pattudu dari Kerukunan Keluarga Mandar, Kostum Mamasa dari Gereja Toraja Mamasa, Badut-badut kota dari komunitas GB Fotografi, Kesenian Campur Sari dari Kerukunan Keluarga Jawa, permainan Mallongga dari Sanggar Seni Colli Macora SMP Negeri 3 Parepare, Seni Tari Barongsai dari Paguyuban Etnis Tionghoa.

Pawai Budaya 2019 ini menjadi perhatian masyarakat Parepare. Bahkan ada yang mengabadikan dengan kamera ponsel. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Parepare, Kadarusman Mangurusi mengatakan, Pawai Budaya 2019 diikuti ratusan kontingen dari seluruh tingkatan SD, SMP dan SMA/sederajat se-Kota Parepare. “Pagelaran budaya ini dalam rangka memeriahkan HUT Kota Parepare. Dan ini juga bagian dari industri kreatif dan promosi kebudayaan, ” jelas Kadarusman.

Dia menyebutkan, kontingen Pawai Budaya 2019 akan dilepas oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe di depan eks Swalayan Cahaya Ujung Lama, Jalan Bau Massepe, Kamis, 14 Februari 2019. “Titik kumpul dan pengaturan barisan di depan SMPN 9. Sedangkan pelepasannya di depan Swalayan Cahaya Ujung lama, ” katanya.

Kadarusman menambahkan, Pawai Budaya 2019 ini kita libatkab berbagai etnis, panguyuban dan sanggar seni di Kota Parepare. “Di acara ini juga kita sajikan permainan tradisional, Mallongga, juga ada Sayyang Pattudu dari Kerukunan Keluarga Mandar serta beraneka ragam pakaian adat daerah dan nusantara. Termasuk juga ada seni tari barongsai dari panguyuban etinis Tionghoa,” pungkasnya. (has)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!