Pemkab Wajo Gelar Sosialisasi Kawasan Pertanian Terpadu

by

PAREPOS.CO.ID, ADVETORIAL — Sosialisasi kawasan pertanian terpadu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani peternak, nelayan, perkebunan se-Kabupaten Wajo berlangsung di Gedung Ass’adah, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, 29 Januari 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Kepala Desa, Lurah, Camat, Penyuluh Pertanian, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Masyarakat dan para Ketua Kelompok Tani se-Kabupaten Wajo

Dalam kesempatan itu, masing-masing Kepala Dinas (Kadis) memaparkan hasil dari SKPD dalam satu tahun anggaran dan dilanjutkan oleh Kadis lainnya seperti, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura, Kadis Koperasi, Kadis Perindustrian, Kadis Kehutanan dan Ketahanan Pangan.

Termasuk Bank yang ada di Kabupaten Wajo juga melakukan presentase, diantaranya Bank Sulselbar cabang Sengkang, Bank BNI cabang Sengkang dan Bank BRI cabang Sengkang. Masing-masing mengemukakan tentang tata cara pengambilan kredit, maupun produk-produk unggulan yang ada di Bank masing-masing.

Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru mengatakan kegiatan ini menggambarkan sejauhmana kerja kepala dinas selama 10 tahun terakhir ini. Termasuk menyampaikan semua program-program dan keberhasilannya yang terukur.

“Meningkatkan produktivitas sampai 100% itu luar biasa, mereka mengelola Wajo termasuk semua bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada disini yang mengelola Wajo. Paling penting adalah DPRD turut mendukung setiap program, memberi kita pertimbangan sehingga antara Pemerintah, DPRD bersama masyarakat wajib mengelola semua itu,”ujarnya

Pada kesempatan itu, Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru menceritakan keistimewaan masyarakat Kabupaten Wajo. Kata dia, masyarakat Wajo rata-rata bekerja di pertanian yang hampir 82%.

“Masyarakat hidup dipertanian, dari hasil statistik juga dijelaskan bahwa 30.000 orang yang tidak punya pekerjaan di Wajo, sekarang tersisa 5.000 orang. Dan keistimewaan kita berikutnya tidak dimasuki oleh investor asing, pendapatan masyarakat kita merata yang sekarang sekitar 47 juta perkapita,”jelasnya.

Lebih lanjut HA Burhanuddin Unru mengatakan termasuk program tanaman pangan yang mengalami peningkatan. Baik disektor pertanian, perkebunan dan lain-lain. Infrastruktur adalah yang utama yang mendukung sarana produksi dan hasil dari pertanian di Kabupaten Wajo.

Sumber Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Pemkab Wajo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *