Soal Warga Eksodus Terancam Hilang Hak Pilihnya, Ini Penjelasan KPU Sidrap

by

 

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Ratusan warga eksodus di wilayah Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap terancam tidak menggunakan hak pilih pada Pemilu mendatang.

Hal tersebut ditanggapi Komisioner KPU Sidrap, Rasmawati dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi, saat dihubungi, Sabtu, 23 Februari.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai langkah upaya untuk mengakomodir warga eksodus masuk dalam DPK atau DPTb.

“Kita sudah upayakan dan sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait soal warga eksodus itu. Yang jelasnya kami juga harus berjalan sesuai regulasi yang ada,” katanya.

Rasmawati mengaku, sudah ada sekitar 70 warga eksodus yang dimasukkan dalam DPTb dan diberikan form A5 Itu dikarenakan DPT nya ada di daerah asalnya seperti Bone.

Sementara warga lainnya sementara dalam pengurusan. Apakah nantinya juga dimasukkan dalam DPTb atau DPK.

Dijelaskannya, bahwa proses mamasukkan data warga di DPTb adalah warga yang sudah ada data DPTnya di daerah asal.

Sedangkan proses untuk DPK atau daftar pemilih khusus itu bagi warga setempat yang telah memenuhi persyaratan administrasi sebagai pemilih.

“Kita sudah informasikan ke mereka untuk mengambil surat pindah domisili dari daerah asal jika ingin mengambil KTP Sidrap. Sebab, kalau tidak begitu tidak bisa dimasukkan dalam DPK,” tandasnya.

Sebelumnya, Panwascam Pitu Riase bersama PPK dan pemerinta setempat memverifikasi kelengkapan administrasi kependudukan warga tersebut.

Nantinya, kata Ketua Panwascam Pitu Riase, Saleng berharap mereka dapat dimasukkan di DPTb atau DPK berdasarkan petunjuk teknis dari KPU dan PKPU No 37 Tahun 2018 tentang pemutakhiran daftar pemilih dalam Negeri.

“Jadi kami hanya mengawasi proses pendaftaran dan memberikan saran perbaikan kepada penyelenggara teknis agar warga eksodus dari luar Sidrap ini didaftar sebagai pemilih pada pemilu 2019 sesuai peraturan perundang-undangan pemilu yang berlaku,” tandasnya. (ira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *