TRC BPBD Pangkep Berharap Naik Gaji, Ini Alasannya

by

 

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Demi memaksimalkan pelayanan dan reaksi cepat dalam menangani setiap bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mulai menerapkan sistem piket 1x24jam.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Pangkep, M Nasrun mengungkapkan, tugas pokok penanganan TRC BPBD Pangkep yakni, evakuasi, puting beliung, tanah longsor, pohon tumbang, dan banjir. “Penangan bencana alam yang setiap saat, kita dituntut untuk terus sigap dan memantau setiap wilayah yang ada di Pangkep. Maka dari itu, diterapkan sistem piket 1x24jam,”ungkapnya, Rabu 13 Februari 2019.

M Nasrun mengungkapkan, anggota BPBD yang tergabung dalam TRC sebanyak 20 orang, dan dibagi dalam dua regu. Kemudian, digilir disetiap jam piket. Meski demikian, ia pun tetap memperhatikan tingkat resiko kerja anggota TRC yang juga merupakan tenaga harian lepas (THL). Dengan alasan tersebut, kata Nasrun, berharap agar honor anggotanya dapat dinaikkan. Mengingat saat ini, dianggap masih sangat minim dibandingkan dengan tingkat resiko kerja dan waktu kerja.

“Anggota TRC ini kan, terdaftar sebagai THL Pemkab Pangkep. Saya kasian sama mereka dengan tingkat resiko kerja dan jam kerja tidak seimbang dengan kesejahteraan mereka. Honornya perbulan berkisar 500-700 ribu perbulan. Ini yang perlu kita perhatikan pula. Sementara ini saya buatkan usulan untuk kemudian diajukan ke Bupati,”katanya.

Sementara itu, Koordinator TRC BPBD Pangkep, Faizal Afdaus yang sudah terhitung tujuh tahun mengabdi berharap pula dengan adanya kenaikan honor atau gaji. Dengan pertimbangan resiko kerja dan jam kerja yang kadang kala tidak menentu, jika tengah menangani suatu kejadian.

“Kadang, kalau kita tengah tangani suatu bencana, waktu kerja tidak menentu dengan resiko kerja. Tapi, itu bagian dari dedikasi kita sebagai tim reaksi cepat,”ujarnya. Ical sapaan akrabnya pun menyampaikan nomor Call center Tim Reaksi Cepat BPBD Pangkep yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. “Hubungi nomor atas nama Zaenuddin 082195067557,  Rahmat Taqwin 085298350445 dan Faizal Afdaus 085 255 971 771. (awi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *