Waspada !! Polisi Gagalkan Peredaran Upal di Sidrap

by

 

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Masyarakat Sidrap kembali diminta untuk waspada terhadap peredaran uang palsu (Upal) dengan berbagai jenis pecahan. Penekanan tersebut, menyikapi keberhasilan pihak kepolisian beberapa hari lalu mengamankan terduga pelaku pengedar upal di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Pelaku diketahui bernama Wahyudin Hamsah (24), Warga Kampung Jaya Timur, Kelurahan Jaya, Kecamatan Watang Sawito, Pinrang.

Terduga pelaku ini, melakukan pengedarkan uang palsu pecahan Rp 100 ribu di Kecamatan Kulo dengan cara mendatangi penjual campuran atau kios-kios dengan modus membeli rokok. Kapolsek Panca Rijang, AKP Erwin mengatakan, terduga pelaku dan barang bukti uang palsu serta badik sudah diserahkan ke Reskrim Polres Sidrap. “Terduga dan barang bukti sudah ditangani Satreskrim Polres Sidrap, setelah sempat di rawat di RS Arifin Nu’mang karena sempat dihajar massa,” katanya, Selasa 12 Februari 2019.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Jufri Natsir mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan terhadap kasus peredaran upal tersebut. “Kami masih melakukan pengembangan terkait asal-usul pembuatan atau percetakan upal tersebut,” katanya.

Barang Bukti (BB) yang diamankan dari pelaku, kata Jufri, diantaranya sebanyak 14 lembar dugaan uang palsu pecahan Rp100 ribu. Dugaan upal yang diedarkan itu memiliki warna yang hampir sama persis uang asli, jika dilihat hanya sekilas. Namun upal yang diedarkan pelaku itu tidak memiliki benang pengaman, serta warnanya yang mudah luntur dan kusut. Atas perbuatannya, pelaku peredaran upal diancam pasal Pasal 244 sub 245 KUHP dengan pidana 15 tahun penjara. (ira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *