Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Polman – Pare Pos
Bencana Alam

Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Polman

 

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Angin puting beliung kembali menerjang dan merusak dua rumah warga di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Kejadian tersebut terjadi di dua tempat yang berbeda, yakni di Desa Mirring, Kecamatan Binuang milik Syahril (65) dan di Kelurahan Takatidung, Kecamatan Polewali Milik Hamidang (70).

Kedua rumah milik warga ini semua mengalami kerusakan pada atap rumah. Bencana tersebut terjadi, Kamis 14 Maret, subuh hari sekira pukul 05.00 wita dan kejadian tersebut sangat cepat. Anging yang bertiup kencang disertai hujan deras dan tiba tiba menghantam dan menerbangkan atap rumah milik kedua warga tersebut.

Hamidang yang ditemui saat tengah merapikan bagian rumah nya mengatakan angin kencang yang disusul dengan hujan deras terjadi sekitar Pukul 05.00 wita atap rumah berterbangan dan hanya menyisahkan beberapa atap saja pada bagian depan sisi kiri rumah

“Kejadiannya subuh pak waktu mau salat subuh anginnya kencang sekali atap rumah mulai belakang sampai depan bagian kiri terbang dan balok penyanggah pun ikut terbang,” ujar Hamidang.

Atap yang diterbangkan angin tersebut bahkan menimpa rumah tetangganya dan menyebabkan kerusakan kecil pada bagian atapnya. Atap yang bertebrangan tersebut dikumpulkan kembali meski sebagian besar atap tersebut sudah tidak layak digunakan karena lapuk termakan usia.

Ia berharap Pemerintah tanggap dengan musibah ini supaya bisa meringankan bebannya karena ia sama sekali tidak punya pekerjaan selain membuat sapu lidi dari daun kelapa milik tetangga nya, sapunya pun hanya dijual ke tetangga-tetangga terdekatnya.

Terpisah Kasi Logistik BPBD Polman Bugiman mengatakan, bencana angin puting beliung yang melanda dua warga Polman tersebut sudah didata dan akan diberikan bantuan sesuai dengan tingkat kerusakanya. “Kalau di kecamatan Binuang itu atap rumahnya terbongkar sedangkan di kelurahan takatidung lingkungan Mangaramba atap badan Rumah rusak dan terbongkar tapi semuanya masuk kategori rusak ringan dan semua sementara di data diDinas sosial untuk mendapatkan bantuan darurat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Polman juga menyiapkan Bantuan berupa uang tunai sesuai tingkat kerusakannya.(win)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!