Apel Gabungan Serentak, Dandim Polman Tegaskan Netralitas TNI

by

 

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– TNI dan Polri di Kabupaten Polewali Mandar, Jumat 22 Maret, menggelar apel serentak pengamanan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Pancasila, Polman. Usai apel serentak, Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan, akan mengerahkan prajurit Kodim 1402/Polmas di dua Kabupaten untuk BKO-kan yakni ke Polres Polman dan Mamasa.

Daerah ini, kata Dedi Setia, merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas. Dalam Pilpres dan Pileg yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang, TNI khususnya di wilayah Kodim 1402/Polmas berkomitmen untuk menjunjung tinggi netralitasnya. Tujuannya, demi menjamin pemilu berlangsung aman dan damai.

“Penegasan ini merupakan instruksi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi untuk menciptakan anggota TNI di jajaran Kodam Hasanuddin yang menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan pemilu,” Jelas Letkol Dedi Setia.

Netralitas TNI terdiri dari sikap netral anggota dengan tidak memberi dukungan kepada salah satu kontestan, perorangan maupun melalui satuan. Tidak berkampanye atau memberi dukungan dalam bentuk apapun.Perorangan dan fasilitas satuan tidak dilibatkan di luar tugas dan fungsi TNI dan tidak ikut campur tangan dalam menentukan dan menetapkan peserta pemilu.

Prajurit TNI khususnya Kodim 1402/Polmas, lanjut Dandim, tidak menggunakan hak pilihnya, mengamankan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri. Selain itu, anggota juga dilarang untuk memberi komentar, penilaian, diskusi, pengarahan dan pernyataan yang bersifat mempengaruhi orang lain. Khusus untuk isteri, suami atau anak, hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara sehingga institusi dilarang memberi arahan dalam menentukan pelaksanaan dari hak memilih tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *