CJH tak Lunasi ONH Diganti Jemaah Cadangan

by

 

 

PAREPOS.CO.ID, MAROS – Anggota Komisi III Fraksi Demokrat DPRD Maros, Akbar Endra menyayangkan di Kementrian Agama jika Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Maros yang belum melunasi biaya ongkos naik haji (ONH) akan diganti oleh jemaah haji cadangan.

Kata Akbar, bilamana CJH belum melunasi, maka akan dicoret namanya digantikan dengan jamaah cadangan yang sudah lunas, meskipun itu diurutan belakang.

“Jangan dijadikan alasan calon jemaah yang belum melunasi kewajibannya digantikan dengan CJH cadangan yang sudah lunas. Kasian CJH yang sudah lama menunggu”, ujarnya, Kamis 21 Maret 2019.

Bahkan, kata dia, ada oknum di kementrian yang mengarahkan untuk mendaftar di daerah lain, agar cepat berangkatnya. Termasuk, kejadian tahun lalu, jemaah diarahkan ke Philipina untuk diberangkatkan. Hal ini yang membuat calon jemaah haji yang ada di daerah tidak mendapatkan perlakuan keadilan.

Diketahui, sekitar 313 Calon Jemaah Haji (CJH) dari 9478 CJH di Maros yang akan diberangkatkan tahun 2019 ini.

Terpisah, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maros, H Syamsuddin mengatakan, kita memberi kesempatan pelunasan ONH dimulai pada tanggal 19-14 April tahun ini. Dari 313 jemaah, jika sudah melunasi ONH-nya akan kita berangkatkan semua.

“Jika memang sudah melunasi kewajibannya, kita berangkatkan. Namun, jika memang masih ada yang belum melunasi, tentunya digantikan oleh calon haji cadangan”, ucapnya.

Dia membantah tudingan jika di Kementrian Maros ada oknum yang bermain kongkalikong terkait jemaah haji.

“Tidak ada itu. Kita disini hanya fasilitator, kita disini hanya menerima pendaftaran dan pemberangkatan. Semua ditentukan di pusat”, jelasnya.

Sebanyak 9478 CJH yang belum berangkat atau menunggu. Jika dihitung, dalam setiap tahunnya yang hanya 313 berangkat, maka dibutuhkan waktu sekitar 32 tahun untuk menunggu antrian selanjutnya.(ila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *