Ingat! Parkir di Bahu Jalan, Satlantas Parepare Terapkan Tilang dan Ban Kempis – Pare Pos
Metro Pare

Ingat! Parkir di Bahu Jalan, Satlantas Parepare Terapkan Tilang dan Ban Kempis

Satlantas sosialisasi kepada juru parkir, polisi akan terapkan tilang dan ban kempis yang gunakan bahu jalan di parepare

 

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Sesuai aturan bahu jalan tidak diperkenankan untuk dijadikan tempat parkir, namun hal tersebut tak di patuhi warga khususnya para pengusaha di Kota Parepare. Menyikapi ketidakpekaan warga dan pengusaha tersebut, Kepolisian Resort (Polres) melalui Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Parepare segera menerapkan sanksi tilang dan ban kempis bagi pengendara yang parkir di bahu jalan.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Budi Susilo menjelaskan, selama ini pihaknya terus melakukan tindakan serta penindakan terhadap pengendara yang parkir di bahu jalan seenaknya. Sejumlah area yang menjadi pantauan seperti di Jalan Ganggawa, Jalan Bau Massepe dan Jalan Hasanuddin Daeng Patompo (Hastom). “Seperti operasi kendaraan yang parkir di depan Rumah Sakit (RS) Fatimah, khussunya di Jalan Ganggawa, di sisi kanan dari arah barat,”jelasnya.

Menurutnya, operasi tersebut, memberikan efek jera bagi pengendara yang memarkir kendaraannya di jalan tersebut agar arus lalulintas di jalan tersebut lancar dan kendaraan yang keluar masuk rumah sakit juga lancar. Ia pun mengaku akan mulai bertindak tegas dengan menerapkan sanksi tilang bagi pengendara yang berparkir di bahu jalan. Sanksi berupa tilang, kata Budi, akan memberikan efek jera kepada para pemilik kendaraan.

Bukan hanya itu, selain tilang akan diterapkan pula sistem kempeskan ban baik mobil maupun motor. Polisi juga sudah memasang rambu lalulintas dan larangan parkir. Sementara itu, Ketua Masyarakat Pengguna Jasa Transportasi Indonesia Muhammad Nasir, mengapresiasi langkah kepolisian yang telah melakukan tindakan pengempesan ban mobil maupun motor yang parkir di bahu jalan.

Ia meminta, Satuan Lalulintas, menerapkan sanksi di seluruh jalan yang tidak mendapat izin parkir. Nasir mencontohkan, di Jalan Gangawa, Jalan Hostom dan Jalan Bau Massepe serta Jalan Jendral Sudirman. Daerah ini perlu juga dilakukan penindakan. Banyak bahu jalan dijadikan tempat area parkir. Selain itu, Nasir menyarankan, perlu ada aturan yang mengatur lokasi atau jalan mana saja yang boleh ditempati parkir kendaraan.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!