Jelang UNBK, Ratusan Pelajar Asal Kecamatan Kepulauan ke Daratan

by

 

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Ratusan siswa SMA yang berasal dari wilayah kepulauan, di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Pangkep. Hal itu dijelaskan, Kepala SMKN 1 Pangkep, Muh Nurdin menyatakan, terdapat delapan sekolah asal pulau yang bakal mengikuti UNBK nantinya. Pihaknya pun menyiapkan 17 ruangan pada saat UNBK.

Terkait kesiapan para siswa yang berasal dari pulau, pihaknya bakal mengikutkan para siswa pulau ini untuk dilatih menggunakan komputer, dua hari menjelang pelaksanaan UNBK. “Kendalanya bagi siswa dari pulau, mereka tidak ikut simulasi UNBK. Sementara untuk mengoperasikan komputer juga terbatas. Sehingga dua hari sebelum UNBK saat mereka tiba di Pangkep kita akan latih untuk mengoperasikan komputer terlebih dahulu,” bebernya.

Dipilihnya SMKN 1 sebagai lokasi UNBK para pelajar asal pulau, karena sekolah ini, memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Termasuk saat ini, pada penyelenggaraan USBN pihaknya sudah menerapkan menggunakan gawai dan komputer. Lebih lanjut dijelaskan bahwa terdapat 213 siswa yang berasal dari sejumlah SMA di pulau, yang nantinya menumpang di SMKN 1 Pangkep, di antaranya SMAN 5 Pangkep di Pulau Salemo, SMAN 23 Pangkep di Kecamatan Tupabiring, SMA PGRI di Pulau Poleonro, SMAN 21 Pangkep di Pulau Kulambing, SMAN 23 Pangkep di Pulau Sailus Besar dan SMAN 15 Pangkep di Pulau Sabaru.

Sementara itu, Kepala SMAN 15 Pangkep di Pulau Sabaru, Kecamatan Liukang Tangaya, Syamsuddin menjelaskan bahwa, pihaknya harus menempuh perjalanan hingga 18 jam dari Pulau Sabaru di Kecamatan Liukang Tangaya menuju ke Pelabuhan Paotere Makassar. “Nanti kita berangkat hari Senin, semoga cuaca mendukung. Karena kita akan menumpang di kapal ikan menuju ke Pelabuhan Paotere, kemudian lanjut ke Pangkep,” paparnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *