Pemkab Enrekang Siapkan Anggaran Rp 3 Miliar untuk Guru Dacil

by

 

PAREPOS.CO.ID, ENREKANG– Upaya meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melakukan pemerataan jumlah guru. Pemerataan guru dilakukan antara sekolah di wilayah perkotaan dan di daerah terpencil (Dacil). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan gaji tambahan bagi para guru yang mau mengajar di wilayah terpencil.

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk tunjangan bagi guru dacil. “Untuk memotivasi dan menunjang kinerja guru di daerah terpencil, pemerintah siapkan Rp3 miliar untuk tambahan penghasilan bagi para guru yang mengajar di daerah terpencil,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Jumurdin kemarin. Dia menjelaskan, adanya anggaran tersebut adalah bagian dari program Pendidikan Emas Pemkab Enrekang.

Hal itu sebagai upaya pemerataan guru di setiap sekolah dan tidak terjadi lagi guru hanya menumpuk di wilayah perkotaan. “Kita ingin memberikan motivasi, agar guru di kota mau mengajar di daerah terpencil. Dan saat ini sudah banyak guru yang berminat mengajar di tempat terpencil,” ujarnya. Dia mengharapkan, dengan meratanya jumlah guru di sekolah terpencil dan perkotaan, maka kualitas pendidikan di Enrekang makin meningkat.

Jumurdin menambahkan, program Pendidikan Emas merupakan program pendidikan gratis untuk peserta didik sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Dulu ada pendidikan gratis program dari pemetintah provinsi, namun setelah tidak ada, Pemkab Enrekang tetap melanjutkan dengan harapan tidak ada lagi anak yang tidak sekolah karena terkendala biaya,” tegasnya.(her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *