Peternakan Unggas Skala Besar, Ini Tiga Kecamatan tak Peroleh Izin di Maros – Pare Pos
Pro Daerah

Peternakan Unggas Skala Besar, Ini Tiga Kecamatan tak Peroleh Izin di Maros

 

 

PAREPOS.CO.ID, MAROS – Bupati Maros HM Hatta Rahman tidak akan mengelurkan izin atau menghentikan pemberian (Moratorium) usaha kepada perusahaan peternakan unggas yang berskala besar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Tanralili, Kecamatan Tompobulu dan Kecamatan Moncongloe. Hal ini diungkapkan oleh Hatta Rahman Jum’at 15 Maret 2019.

Hatta mengatakan, moratorium pemberian ijin usaha kepada perusahaan peternakan unggas dikhususkan kepada perusahaan-perusahaan besar. Moratorium ini diberlakukan karena tiga kecamatan ini akan dikembangkan pariwisata sehingga perusahaan peternakan unggas skala besar tidak lagi diberikan ijin baru.

“Sedangkan perusahaan yang sudah ada tetap berjalan seperti biasa tapi untuk ijin usaha baru itu tidak lagi. Sedangkan peternakan unggas skala kecil tetap kita buka dengan maksimal peternakan unggas 10 ribu ekor, jadi usaha baru yang boleh dibawah 10 ribu ekor,” ucap Hatta.

Perusahaan-perusahaan peternakan unggas menguasai lahan yang terlalu luas sampai beratus-ratus hektar dengan kontribusi ke masyarakat setempat dan pemerintah daerah sangat kecil dan keuntungan hanya dinikmati oleh perusahaan besar saja sedangkan dampak ekonomi ke masyarakat tidak terasa.” Menurutnya.

“Luas lahan yang dikuasai besar tapi tidak terlalu beradampak kepada masyarakat akhirnya masyarakat lebih banyak yang membuka lahan baru untuk bertani atau berkebun. Jadi nanti tiga kecamatan ini akan dijadikan tempat-tempat wisata baru dan melibatkan masyarakat setempat,” papar Hatta.

Hatta menambahkan, saat ini pihaknya menunggu perubahan tata ruang karena perencanaan tentang pariwisata ini sudah ada dan akan segera direalisasikan.(ila)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!