Putra Asal Palopo Kembali Jabat Wakil Ketua MK

by

 

PAREPOS.CO.ID, JAKARTA– Putra kelahiran Palopo 17 Juli 1964  yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Pidana Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan merupakan Hakim Konstitusi, Aswanto kembali terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2019 – 2021. Keputusan ini diambil setelah melalui proses rapat pleno hakim pada Senin 25  Maret, kemarin. Sebagaimana dikutip dari website MK, Selasa 26 Maret, MK menggelar rapat pleno lanjutan hakim secara tertutup pada pukul 16.00 WIB.

Ketua MK, Anwar Usman selaku pimpinan rapat pleno hakim mengumumkan hasil musyawarah yang menyepakati melakukan pemungutan suara. Dalam rapat pleno tersebut kemudian disepakati dua nama, yakni Hakim Konstitusi Aswanto dan I Dewa Gede Palguna sebagai Calon Wakil Ketua MK Periode 2019 – 2021.

Pada pemilihan putaran pertama, Aswanto memperoleh 4 suara dan I Dewa Gede Palguna memperoleh 4 suara , dan 1 suara abstain. Selanjutnya proses pemungutan suara putaran kedua pun dilakukan dengan perolehan suara yang imbang antara kedua kandidat dengan 1 suara tidak sah.

Sesuai dengan Peraturan MK Nomor 3 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK, apabila tidak mencapai mufakat, maka keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak melalui pemungutan suara dalam rapat pleno hakim terbuka untuk umum. Apabila masih belum terdapat nama dengan perolehan suara terbanyak, maka akan dilakukan pemungutan suara kedua dan ketiga.

Namun demikian, sebelum dilangsungkan pemungutan suara putaran ketiga, I Dewa Gede Palguna menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan diri sebagai Wakil Ketua MK Periode 2019 – 2021. “Mendapati perolehan suara yang hampir sama dan mengingat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, maka saya menarik diri dari pencalonan diri saya,” ucap Palguna di hadapan para hakim konstitusi.

Atas semangat kenegarawanan I Dewa Gede Palguna, maka rapat pleno hakim terbuka menerima dan memutuskan Hakim Konstitusi Aswanto sebagai Wakil Ketua MK Terpiih untuk masa jabatan 2019 – 2021. “Dengan ditetapkannya Aswanto sebagai Wakil Ketua MK Masa Jabatan 2019 – 2021, maka selesai pula rapat pleno hakim,” tegas Anwar menutup sidang pleno hakim terbuka.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *