Hari Ini, Gubernur Sulsel Lantik Irwan Hamid-Alimin di Bumi Lasinrang

by

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Hari ini, Rabu 24 April 2019, kendali Kabupaten Pinrang lima tahun ke depan, diserahkan kepada HA Irwan Hamid-Alimin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pinrang. Keduanya menggantikan HA Aslam Patonangi yang telah memimpin Pinrang selama 10 tahun. Pelantikan akan dilakukan di Halaman Kantor Bupati Pinrang oleh Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah.

Setelah pelantikan, Irwan Hamid-Alimin akan segera melaksanakan apa yang menjadi program kerjanya. Langkah awal adalah pembenahan internal pemerintahan. Ditemuai saat gladi pelantikan, Rabu kemarin, Irwan dan Alimin, membenarkan akan fokus pada pembenahan internal di pemerintahan pasca menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode 2019-2024.

Langkah selanjutnya, kata Ketua Demokrat Pinrang ini, akan membenahi infrastruktur. “Infrastruktur yang masih fokus dilanjutkan. Yang lainnya sudah bagus,” pujinya. Infrastruktur yang dimaksudkan mantan Ketua DPRD Pinrang ini, adalalah jalan tani sebagai sarana penunjang mendukung program pertanian. Dirinya bersama wakilnya akan berupaya mewujudkan hal itu, dengan meminta dukungan dari pemerintah provinsi. “Sebab anggaran kita yang masih terbatas,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Pinrang, Alimin menjelaskan hal yang sama. Menurutnya, dirinya selaku wakil akan membantu program Bupati dalam mensejahterakan masyarakat sesuai visi-misinya. Mantan Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Pinrang itu, menyebutkan, mensejahterakan masyarakat harus didukung dengan infrastruktur yang memadai, khususnya sarana penunjang pertanian.  “Tentu kalau mau maju, fokus pembangunannya pada bidang infrastruktur. Kalau infrastruktur buruk, tidak bisa menopang pembangunan, makanya kita akan selesaikan persoalan infrastruktur sesuai program yang telah dirancang,” katanya.

Menurut Alimin, sektor pertanian merupakan penunjang utama pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pinrang, sehingga mesti dipertahankan dan ditingkatkan. “Pertanian merupakan penyumbang utama PDRB Pinrang terutama padi, termasuk penopang tenaga kerja,” kata dia Baik Irwan maupun Alimin, berharap masyarakat untuk bekerja bersama mendukung pemerintah dalam segala aspek pembangunan. Tetap menjaga kebersamaan. Sebab, kata Irwan, tanpa dukungan masyarakat, pemerintah tidak bisa berjalan baik. Selain pembangunan pertanian, pemerintahan Irwan-Alimin juga fokus pada sektor pelayanan dasar, kesehatan dan pendidikan. Menurutnya, dua sektor tersebut adalah mutlak.

Soal pemerintahan sebelumnya, Irwan-Alimin mengapresiasi Andi Aslam Patonangi yang selama dua periode memimpin Pinrang. Pemerintahan sebelumnya telah bekerja maksimal dengan segudang prestasi. “Ini perlu dijaga dan menjadi tantangan. Minimal mempertahankannya,” ujar Andi Irwan. Sementara Alimin mengagumi Bupati Pinrang dua periode, Andi Aslam Patonangi sebagai tokoh birokrasi. Alimin dengan latar belakang birokrasi dimasa pemerintahan Andi Aslam, menyebut Bupati yang menjabat 10 Tahun tersebut cukup sukses memimpin Pinrang dengan penghargaan yang diraihnya. “Saya sebagai birokrat tentu berterima kasih. Sama-sama dari birokrat, saya memberi penghargaan setinggi-tingginya sebagai Bupati cukup sukses dua periode,” ujarnya. (wal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *