Pemilu, Hasil C1 Plano Harus Diumumkan Diruang Publik

by

PAREPOS.CO.ID, WAJO — Hasil penghitungan suara atau C1 Plano dari TPS harus ditempel di ruang publik agar semua pihak bisa mengakses hasil rekapitulasi suara. Hal tersebut dibenarkan salah seorang komisioner KPU Wajo, Andi Tenri Sampeang.

“Iye.. memang salah satu kewajiban kpu adalah mempublikasi hasil perolehan suara di tingkat TPS dengan cara menempel formulir C1 ditempat umum atau tempat yang bisa dilihat oleh seluruh masyarakat,”ungkap Andi Tenri Sampeang, saat dihubungi Parepos.fajar.co.id, Minggu 21 April 2019 (malam).

Lanjut Andi Tenri Sampeang menegaskan jika Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat mengumumkan ditempat umum seperti Masjid, Sekretariat PPS, Kantor Desa/Lurah ataupun tempat umum lainnya.

“Jadi PPS bisa mengumumkan di Masjid, atau di sekretariat PPS, kantor desa atau tempat umum lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat,”tegasnya

C1 plano diharuskan ditempel diruang publik sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum. Keterbukaan ini juga di jabarkan di pasal 61 PKPU 3/2019 tentang Penghitungan Suara (Tungsura).

Form C1  harus ditempel selama 7×24 jam berdasarkan undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017, pasal 391 berbunyi; PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara dari seluruh TPS di Wilayah kerjanya dengan cara menempelkan salinan tersebut di tempat umum. (ile/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *