Operasi Katarak Gratis, Dinkes Gandeng BKMM Makassar

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar bekerjasama Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare gelar pemeriksaan dan operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit (RS) Andi Makkasau Tipe B Parepare, Selasa 23 April, kemarin. Operasi katarak ini dikemas dalam Safari Katarak itu, memberikan pelayanan kesehatan dan operasi dengan masyarakat yang mengidap katarak secara gratis.

Dokter Ahli Mata BKMM Makassar, dr Soraya Arifin, mengatakan, pemeriksaan dan operasi gratis katarak ini, salah satu program dari BKMM Makassar, menjangkau masyarakat di daerah-daerah. “Kegiatan ini bagian dari bakti sosial yang kami namakan Safari Katarak dan menjadi program unggulan kami. Jadi kita khusus datang ke daerah, menjangkau masyarakat yang mungkin tidak bisa ke BKKM Makassar,” jelasnya.

Khusus di Kota Parepare, kata dia, pemeriksaan dan operasi katarak secara gratis berlangsung sehari dengan target 50 peserta. “Target kami 50 orang di Kota Parepare. Tadi kami memeriksa beberapa orang dan positif katarak. Kami operasi dua orang,” katanya. Warga Bacukiki yang mengikuti Safari Katarak bernama Ibnu, mengungkapkan, dirinya berterima kasih atas operasi katarak gratis yang diberikan pihak BKMM dan Dinkes Kota Parepare.

Ia mengaku, katarak yang dideritanya sudah berlangsung lama. “Iye, sudah periksa tadi, dan mau di operasi, bilang dokter sebentar sekali ji operasinya. Terima kasih sudah laksanakan kegiatan yang sangat membantu kami,” kata Ibnu, sembari menunggu antrean operasi katarak. (mat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *