PSU di Lima TPS, Ini Jawaban KPU

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE, Komisi Pemilihan Kota Parepare telah melakukan persiapan untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang pada lima Tempat Pemungutuan Suara (PSU).

Namun PSU di lima TPS tersebut, dari lima jenis surat suara, tidak ssmuanya dicoblos oleh pemilih.

Kecuali di TPS 3 Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung kelima surat suara dicoblos ulang. Ini jawaban KPU Parepare terkait PSU tersebut.

TPS 3 Ujung Sabbang yang dicoblos surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk TPS 12 Tiro Sompe , Kecamatan Bacukiki-Bacukiki Barat yang di coblos ulang hanya PPWP dan DPR RI.

Sementara TPS 31 Bukit Indah, Kecamatan Soreang satu jenis surat suara yang dicoblos, yakni PPWP.

Sedangkan TPS 34 Lapadde, Kecamatan Ujung yang dicoblos empat jenis surat suara, yaknu PPWP, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

Kalau TPS 39 Lapadde, Kecamatan Ujung ada dua jenis surat suara yang dicoblos nantinya, yaitu PPWP dan DPD.

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain SH MH yang dihubungi pagi ini mengatakan, PSU akan dilaksanakan serentak di lima TPS pada Rabu, 24 April 2019.

“Surat pemberitahuan pelaksanaan PSU telah disampaikan ke masing-masing pimpinan parpol. Termasuk dalam surat tersebut kita sampaikan jenis surat suara yang dicoblos pada PSU nantinya, ” kata Hasruddin.

Persiapan PSU, kata Hasruddin, KPU juga telah melakukan sortir dan lipat surat suara serta mempersiapkan alat kelengkapan TPS untuk didistribusikan ke lima TPS yang PSU.

“Kemungkinan besok (Selasa, 23 April) kita sudah distribusikan semua logistik dan alat kelengkapan TPS ke masing-masing TPS yang berlangsung PSU, ” ujarnya.

KPU mekaksanakan PSU tersebut dikarenakan adanya rekomendasi dari Panwas Kecamatan yang menemukan adanya pemilih luar daerah mencoblos di Parepare menggunakan KTP tanpa A5. Artinya pemilih tanpa syarat.

“Misalnya kalau pemilih dari Lombok, Pontianak, NTB yang memilih di Parepare harusnya cukup surat suara PPWP saja. Tapi ini diberikan semua lima surat suara. Sehingga dianggap pemilih tak bersyarat, “tegas Hasruddin. (sar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *