Surat Suara tak Tersedia, Jadwal PSU Diundur di Parepare

by

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Parepare mengundur proses pemungutan suara ulang (PSU), dari Rabu 24 April ke Sabtu 27 April. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Parepare Divisi Teknis, Safriani Sudirman, Selasa, 23 April. Safriani mengatakan, alasan penundaan PSU ini dikarenakan surat suara (SS) yang belum datang. “PSU kami undur, Sabtu 27 April karena surat suaranya belum tersedia. Yang belum tersedia itu SS PPWP, DPD, DPR RI, dan DPR provinsi. Sedangkan untuk DPRD Kota sudah tersedia,” ungkapnya.

Komisioner KPU Parepare Divisi Data, Mursalim menambahkan, SS merupakan kewenangan dari KPU RI. Menurutnya, meski surat suara tiba hari ini, PSU tetap tidak bisa digelar besoknya. “Aturannya, walau sore ini tiba surat suara, tetapi minimal sudah ada di TPS H-1 pemilihan. Sehingga sudah tidak memungkinkan. Proses distribusinya tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa agar tidak ada kesalahan,” kata dia.

Adapun jumlah surat yang dibutuhkan TPS yang akan menggelar PSU yakni TPS 31 Bukit Indah, sebanyak 237 SS PPWP, TPS 34 butuh 240 SS PPWP, DPD, DPR RI, dan DPRD provinsi, TPS 39 Kelurahan Lapadde 243 SS PPWP dan DPD, TPS 3 Ujung Sabbang 215 SS PPWP, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota. Kemudian TPS 12 Tiro Sompe membutuhkan SS 243 PPWP.

Dari lima TPS yang akan PSU, tidak semua mencoblos lima jenis surat suara. Kecuali di TPS 3 Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung. Untuk TPS 12 Tiro Sompe, Kecamatan Bacukiki-Bacukiki Barat, yang dicoblos ulang hanya PPWP dan DPR RI.  Sementara TPS 31 Bukit Indah, Kecamatan Soreang satu jenis surat suara yang dicoblos, yakni PPWP. Di TPS 34 Lapadde, Kecamatan Ujung, yang dicoblos empat jenis surat suara, PPWP, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi. TPS 39 Lapadde, Kecamatan Ujung, ada dua jenis surat suara yang dicoblos, PPWP dan DPD.

Sebelumnya, Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain MH mengatakan, PSU akan dilaksanakan serentak di lima TPS pada, Rabu, 24 April 2019. Surat pemberitahuan pelaksanaan PSU telah disampaikan ke masing-masing pimpinan Parpol. Termasuk dalam surat disampaikan jenis surat suara yang dicoblos pada PSU nantinya. Namun karena adanya kendala teknis, yaitu belum tibanya surat suara PPWP, DPD, DPR RI, dan DPR provinsi.
KPU melaksanakan PSU dikarenakan adanya rekomendasi dari Panwas Kecamatan yang menemukan adanya pemilih luar daerah mencoblos di Parepare menggunakan KTP tanpa A5 atau pemilih tidak memenuhi syarat. (mat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *