Unjuk Rasa Ricuh di KPU, Ini Kata Kapolres Sidrap

by

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Sekelompok massa melakukan unjuk rasa dengan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap, di Jalan Ressang No 6, Kelurahan Pangkajene, Sabtu 13 April. Aksi yang berujung kericuhan, tergambar dalam kegiatan simulasi yang menggambarkan massa datang ke KPU karena tidak menerima hasil penghitungan suara pemilu 2019.

Dilokasi, massa membakar ban dan mencoba masuk ke dalam kantor KPU, namun petugas bersenjata lengkap dari Polri menghalau massa tersebut. Sementara, petugas mediator Sat Binmas Polres Sidrap mencoba melakukan nego. Namun tidak di indahkan oleh massa pendukung peserta pemilu.

Bakhan, mereka melempari petugas dengan plastik bekas minuman bahkan mulai merusak sejumlah fasilitas umum lainnya.

Sehingga Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono memerintahkan melalui Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Ilyas Ardi untuk membubarkan massa tersebut.

Setelah beberapa menit, massa akhirnya bisa di bubarkan dengan semprotan Water canorn. Mereka kocar kacir dan membubarkan diri dan situasi kembali aman dan kondusif.

Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono mengatakan, simulasi tersebut untuk lebih mempersiapkan diri seluruh personil dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan pasca penghitungan suara.

“Pasca hari penghitungan suara bisa saja lebih besar dan rumit yang akan dihadapi. Simulasi ini hanyalah contoh kecil, jadi diharapkan betul-betul bisa mempersiapkan diri,” katanya.

Namun, mantan Kasat Intelkam Polrestabes Makassar itu berharap tidak ada terjadi gejolak mulai saat ini hingga selesainya pemilu 2019 mendatang.

Sementara, Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf JP Situmorang mengatakan, siap dan bersama-sama Polri untuk menjaga agar situasi pesta demokrasi ini aman, damai dan sejuk.

“Hari ini, latihan bersama Sispamkota dengan harapan agar sinergitas TNI/Polri terus dalam mengamankan pemilu 2019,” ucapnya.

Ditegaskannya, khususnya para Babinsa yang ada diwilayah, agar hal ini semua proses tahapan pemilu terus dipantau bersama-sama rekan-rekan petugas lainnya. (ira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *