Biasakan Mandi Subuh di Bulan Ramadan

by

Bila anda terbiasa mandi pagi, terutama setelah makan sahur atau menjelang ibadah salat subuh saat Ramadan maka teruskanlah. Mandi di waktu subuh sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan pada waktu subuh kadar oksigen di udara masih maksimal dibandingkan dengan sesudah subuh yang dimana Gas O2 mempunyai pengaruh yang sangat positif bagi kesehatan terutama pada urat syaraf, dan mengaktifkan serta meningkatkan kerja otot dan tulang.

Oleh: Rini Anggraeni, SKM, M. Kes

Selain itu mandi subuh juga mempunyai banyak manfaat yang diperoleh ketika mandi pagi sebelum
salat subuh, seperti dapat melancarkan peredaran darah, kulit dan rambut menjadi lebih lembut dan sehat, menurunkan risiko darah tinggi, meningkatkan sel darah putih sehingga tidak mudah infeksi, meningkatkan hormon kesuburan, dan mengatasi depresi. Oleh karena itu, setelah makan sahur sebaiknya mandi pagi.

Selain membuat tubuh segar, juga membuat orang tidak mengantuk sehingga bisa melaksanakan salat subuh berjemaah dengan khusyu tanpa adanya gangguan oleh tubuh yang mengantuk. Mandi subuh juga dapat mengurangi rasa malas untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan dalam keadaan berpuasa. Namun, hindarilah jika begadang pada ada malam hari anda tidak boleh mandi.

Karena tubuh akan bekerja sangat keras sehingga kondisinya sebenarnya sangat panas, ditambah lagi dengan rasa lelah yang membuat imun menurun.  Apabila kita langsung menyiramnya dengan air dingin, sudah pasti yang terjadi adalah tubuh kamu akan sakit. Selamat mencoba dan menunaikan ibadah puasa. “Stay health and be happy” (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *