Dokumen tak Lengkap, Polhut Amankan 4 Mobil Truk Bermuatan Kayu di Binuang

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Polisi Kehutanan (Polhut) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengamankan 4 mobil truk bermuatan kayu yang diduga tak memiliki kelengkapan dokumen. Keempat truk tersebut ditahan, Senin 20 Mei, sekitar pukul 23.30 Wita saat melintas di Jalur Trans Sulawesi tepatnya di depan Pos Penjagaan Polhut di Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang.

Truk bermuatan kayu tersebut berasal dari Kabupaten Mamuju dan Polewali yang rencananya mau dibawa menuju ke Kota Pinrang dan Makassar. Salah satu petugas Polhut yang ditemui di Pos Penjagaan, Hermanto mengatakan, keempat mobil truk yang bermuatan kayu tersebut terpaksa kami amankam sementara waktu sebab saat ditahan supir truk tak dapat menunjukkan kelengkapan berkas yang sesuai dengan jenis muatan.

Ada ketidaksingkronan antara muatanya yang dibawa dengan dokumen yang diperlihatkan, sehingga kami curigai bahwa kayu tersebut tidak jelas asal usulnya. Sehingga untuk sementara, kata Hermanto, sambil menunggu petugas turun melakukan lacak balak.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No.12 tahun 2017 bahwa kayu yang belum jelas asal usulnya harus dilakukan lacak balak untuk memastikan apakah kayu tersebut benar legal stendingya. Terpisah, salah satu supir truk pemuat kayu, Rio mengatakan dirinya tidak tahu menahu asal muasal kayu yang dimuat tersebut.

Sebab, kata Rio, dirinya hanya memuat saja dan sipemilik kayu hanya menggunakan jasa mobilnya dijadikan angkutan. “Kita tidak tahu jenis kayunya, sebab kita hanya memuat saja sampai ditujuan dan mobil kami hanya disewa sama sipemilik kayu untuk memuat sampai tujuan. Terkait asal usul kayu dan jenis kayu sama sekali kami tidak tau namun kami ambil itu kayu dari Polewali dan mau dibawa kemakassar,”tegasnya.(win/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *